KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

26 – 30 Oktober 2005, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengadakan kegiatan Safari Alam Edukasi di Taman Margasatwa Ragunan (Zooogical Parks) untuk 500 siswa berumur antara 10 hingga 12 tahun. Para siswa tersebut berasal dari 5 sekolah dasar yang berasal dari 5 wilayah di DKI Jakarta. Tiap sekolah menyertakan 1 orang guru pembimbing.

Tujuan kegiatan ini adalah terbentuknya sikap dan perilaku siswa yang dapat menghargai keseimbangan, keserasian yang harmonis antara kehidupan manusia, lingkungan dan kehidupan lainnya di alam ini.

Manfaat kegiatan ini diharapkan adanya peningkatan pengetahuan dan wawasan siswa terhadap kekayaan alam dan kehidupan di sekitarnya.

Kegiatan-kegiatan yang diberikan kepada para siswa antara lain adalah penjelajahan alam sejauh 3-5 km di dalam kawasan Taman Margasatwa Ragunan. Sesuai dengan tema kegiatan yang “Rekreatif dan Kreatif dalam Kerimbunan Alam” maka kegiatan yang diberikan menggunakan metode belajar sambil bermain, berbagi dan berkreasi. Materi-materi yang diberikan kepada para siswa adalah pengenalan dasar reptilia, pengenalan dasar mamalia, cerita di balik layar di kantor kesehatan satwa, cerita di balik layar di dapur pakan satwa, pengenalan dasar pisces dan aves, pengenalan dasar primata, pengenalan dasar tanaman, pengenalan dasar perilaku terhadap sampah, pemutaran film, kunjungan perpustakaan, simulasi, etika dan budi pekerti.

Kementerian Lingkungan Hidup kali ini hanya sebagai peninjau. Asdep Edukasi dan komunikasi yang diwakili oleh Kabid Edukasi Lingkungan dan staf memberikan dukungan terhadap kegiatan positif yang telah digagas oleh Taman Margasatwa Ragunan dan Pemda DKI. KLH juga mengharapkan kegiatan tersebut dapat terus berlanjut dan dapat di contoh oleh daerah-daerah lain.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu sosialisasi kepada masyarakat bahwa Taman Margasatwa Ragunan, telah aman dari flu burung yang beberapa waktu lalu pernah dikabarkan menyerang hewan-hewan di Taman Margasatwa Ragunan. (Or/ry)

Untuk Informasi lebih lanjut:
Asdep Edukasi dan Komunikasi
E-mail: edukom@menlh.go.id