KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Untuk yang kesekian kalinya Saka Kalpataru kembali beraksi. Kali ini bersama Kwartir Daerah DKI Jakarta, masih dalam semangat peringatan Hari Pahlawan, melakukan sosialiasi Saka Kalpataru dalam kegiatan Raimuna Daerah (Raida)DKI Jakarta yang ke-III pada 16-20 November 2013 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan bagi Pramuka Penegak dan Pandega (16-25 tahun) yang merupakan utusan dari lima wilayah DKI Jakarta. Dengan Tema “Jakarta Baru” kegiatan ini mengusung Motto “Jakarta Ane, Jakarta Ente, Jakarta Kite”

Sembilan kegiatan yang mewarnai kegiatan Raida DKI Jakarta, diantaranya adalah kegiatan Sportakuler yang terdiri dari kegiatan Rappeling dan Tree Climbing, Sepeda MTB, Jumping Stilt serta Water Survival. Kegiatan Life Skill berupa kegiatan mengasah kemampuan membuat Ilustrasi Komik, mengelola sosial media sampai pelatihan membuat proposal. Selain kegiatan rutin diperkemahan seperti upacara dan aktivitas di tenda masih ada mata kegiatan seperti Global Development Village, Work with Thank’s, Funtastic Games, Satuan Karya Pramuka, Batavia Village, dan Special Momment.

Melalui kegiatan Raida DKI Jakarta ini, Ketua Kwartir Daerah DKI Jakarta, Drs Yudi Suyoto MM mengharapkan agar, Pramuka Penegak dan Pandega di wilayah DKI Jakarta dapat menambah pengalaman dan keterampilan. Selain dapat meningkatkan kedisiplinan, kemandirian, dan tanggung jawab serta kepedulian terhadap sesama, kegiatan ini mampu menjadi perekat Budaya Betawi di kehidupan Pramuka Penegak dan Pandega DKI Jakarta”. Mengingat dalam kegiatan ini, peserta akan berlatih Silat Betawi, Tarian Betawi, Gambang Kromong dan tak ketinggalan belajar membuat kuliner khas Betawi sepeti Kerak Telor dan Kembang Goyang dapa mata kegiatan Betawi Village.Kegiatan dibuka oleh Askesmas Provinsi DKI Jakarta Bapak H.Bambang Sugiono, SE, MSI pada hari Sabtu, 16 November 2013 di Kempi I, Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta.

Pada kesempatan yang berharga ini, Saka Kalpataru mengisi acara salama 2 (dua) hari berturut-turut sejak pagi sampai dengan sore hari, diikuti oleh kelompok-kelompok yang berbeda, memberikan materi tentang Saka Kalpataru beserta Krida2nya seperti: Krida 3R, Krida Perubahan Iklim dan Krida Konservasi dan Keanekaragaman Hayati. Penyajian materi dilengkapi dengan praktek 3R (operasi semut, pembuatan kompos, pembuatan karya daur ulang secara sederhana), permainan tebak fauna dan flora identitas Provinsi (dengan kartu “soulmate”) dan permainan lainnya. Tampak antusias yang cukup tinggi dari para pramuka Penegak dan Pandega yang mengikuti. Hal ini terbukti dari komentar tertulis yang diberikan pada akhir acara.

Pada akhirnya setelah mengikuti kegiatan sosialisasi Saka Kalpataru dalam Raida DKI Jakarta, para peserta Pramuka Penegak dan Pandega diharapakan mendapat wawasan, pengetahuan dan pengalaman baru tentang kiprah pramuka untuk lingkungan yang lebih baik, sehingga dapat lebih percaya diri untuk turut serta membangun masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Untuk informasi lebih lanjut:
Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Cq. Asisten Deputi Peningkatan Peran Organisasi Kemasyarakatan
Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia

Telp/Fax: 021-85904919 email:
asdep.ppok@menlh.go.id
Website :
www.menlh.go.id