KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

BOGOR, 07 Agustus 2009

Assallammualaikum. Wr. Wb
Selamat Pagi ! Salam Sejahtera untuk kita semua.

Yth. Para anggota Koperasi Alumni SMA Negeri 1 Bogor,
Yth. Bapak/Ibu Muspida Provinsi Jawa Barat,
Yth. Bapak/Ibu Muspida Bogor,
dan
Yang tersayang dan tercinta anak-anakku pelajar yang mewakili pelajar se-Jabodetabek,

Para Hadirin yang saya hormati.

 Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT karena berkat rahmatNYA jua lah kita dapat berkumpul di tempat terbuka dan sejuk ini dalam keadaan sehat dan tanpa kurang sesuatu apapun. 
 
 Saya sangat menyambut baik acara ini dan merasa mendapatkan sebuah penghargaan karena mendapat kesempatan untuk kumpul bersama anak-anakku yang peduli terhadap lingkungan, khususnya anak-anakku yang peduli terhadap bencana banjir.

 Permasalahan lingkungan hidup saat ini sangat kompleks. Permasalahan tidak terbatas pada kondisi sosialnya, namun juga pada komponen lingkungan lainnya. Permasalahan yang ada mulaidari ketersediaan air bersih, sanitasi, polusi, kemacetan, sampai kepada berkurangnya ruang terbuka hijau. Penghijauan merupakan salah satu usaha penataan lingkungan dengan menggunakan tanaman sebagai materi pokoknya serta upaya yang dapat menanggulangi degradasi dan penurunan kualitas lingkungan.

 Dengan adanya tumbuhan dan air maka akan dapat mengurangi panas serta dengan adanya penambahan luas permukaan untuk vegetasi dapat menurunkan suhu maksimum udara atau mengurangi gejala pemanasan global (global warming)

 Sementara disisi lain ruang terbuka hijau dapat memberikan manfaat yaitu; memberikan kesegaran, kenyamanan dan keindahan lingkungan. Selain itu juga dapat menciptakan udara yang bersih dengan cara tumbuhan terebut dapat menyaring partikel-partikel debu yang ada diudara (baik debu yang dihasilkan oleh natural activity  maupun debu yang dihasilkan oleh kegiatan manusia). Dengan adanya penghijauan ini partikel padat yang tersuspensi pada lapisan biosfer bumi akan dapat dibersihkan oleh tajuk pohon melalui proses serapan. Dengan adanya mekanisme ini jumlah debu yang melayang-layang di udara akan menurun. Partikel yang melayang-layang di udara akan terserap (menempel) pada permukaan daun dan sebagain lagi akan terserap masuk ke dalam ruang stomata daun.

 Disini kita bisa melihat banyaknya manfaat dari pohon untukkehidupan manusia, tapi sayang manusia sudah lupa dan kurang peduli akan hal tersebut. Alhasil banyak kita menemukan penebangan liar dan minimnya penghijauan.

Saudara-saudara dan anak-anaku tercinta,
 Berkenaan dengan hal tersebut diatas saya menyambut baik  kegiatan yang diinisiasi oleh organisasi lembaga kemasyarakatan yaitu Koperasi Alumni SMA Negeri 1 Bogor yaitu program “Wali Pohon