Sambutan Menteri Negara Lingkungan Hidup “MALAM ANUGERAH LINGKUNGAN”

Jakarta, 5 Juni 2012. Assalamualaikum Wr. Wb., Salam sejahtera bagi kita semua, Para Gubernur yang saya hormati, Para Bupati dan Walikota yang saya hormati, Para Kepala Sekolah yang saya banggakan, Para hadirin yang berbahagia, Segala puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Baik atas berkat dan rahmatNya, malam ini kita dapat berkumpul dalam keadaan [...]

6 Jun 2012 03:33 WIB

Jakarta, 5 Juni 2012. Assalamualaikum Wr. Wb., Salam sejahtera bagi kita semua, Para Gubernur yang saya hormati, Para Bupati dan Walikota yang saya hormati, Para Kepala Sekolah yang saya banggakan, Para hadirin yang berbahagia, Segala puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Baik atas berkat dan rahmatNya, malam ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat mengikuti acara Malam Anugerah Lingkungan.

Pada kesempatan yang baik ini kita bukan saja bersyukur atas prestasi yang telah dicapai, namun juga untuk menguatkan komitmen dan motivasi untuk terus berupaya meningkatkan kerja keras kita terhadap upaya pengelolaan lingkungan hidup. Pemberian anugrah penghargaan lingkungan ini, sebenarnya merupakan amanah bagi penerimanya, untuk tetap menjaga dan bahkan meningkatkan upayanya dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan ini bukan hanya bagi para Gubernur, Bupati atau walikota dan para Kepala Sekolah, namun juga untuk seluruh jajaran pemerintah daerah dan warga yang terlibat, serta seluruh komunitas sekolah seperti guru-guru dan warga sekolah.

Tanpa dukungan dan kerja keras semuanya, mustahil penghargaan ini dapat diraih. Para hadirin yang berbahagia, Tepat pada hari ini, tanggal 5 Juni 2012, seluruh dunia memperingati Hari Lingkungan Hidup dengan tema Green Economy : Does It Include You?. Disesuaikan dengan konteks Indonesia menjadi Ekonomi Hijau : Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan.

Makna mendasar dari tema ini adalah urgensi seluruh umat manusia, baik secara individu, kelompok maupun negara, untuk mengubah pola konsumsi dan produksi atau gaya hidup menuju perubahan perilaku yang berkelanjutan.

Tema ini juga dimaksudkan untuk mengangkat momentum United Nations Conference on Sustainable Development atau dikenal Rio+20 yang akan diselenggarakan pada bulan pertengahan Juni 2012. Berbekal berbagai inisiatif kebijakan dan program yang mendukung penerapan Ekonomi Hijau, diharapkan Indonesia dapat tampil memimpin upaya global menuju pembangunan berkelanjutan sebagaimana yang dicita-citakan bersama.

Untuk itu, Kementerian Lingkungan Hidup senantiasa mengajak partisipasi dan kepedulian semua pihak berbuat nyata melestarikan lingkungan demi terwujudnya bumi yang bersih dan hijau. Salah satu strateginya adalah dengan Program Adipura, yang bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah dan masyarakat mewujudkan kota bersih dan teduh (clean and green city) dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Governance.

Sesuai dengan dinamika pembangunan, mekanisme dan evaluasi penilaian Penghargaan Adipura terus menerus dilakukan perbaikan sehingga memberikan hasil positif dalam mendorong peningkatan kinerja pemerintah kabupaten dan kota.

Para hadirin yang saya hormati, Dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, disampaikan adanya hak setiap orang atas pendidikan lingkungan hidup dalam rangka pemenuhan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat. Sejalan dengan ini, Pemerintah pusat, propinsi, kabupaten dan kota memiliki tugas dan wewenang dalam memberikan pendidikan, pelatihan, pembinaan dan penghargaan dalam upaya mencapai pelestarian lingkungan hidup. Program Adiwiyata yang dicanangkan pada Februari 2006 merupakan implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup pada sekolah dasar dan menengah, sesuai dengan program nasional yaitu  upaya pembangunan karakter bangsa melalui pendidikan karakter.   Melalui pendidikan lingkungan maka guru akan lebih inovatif dan kreatif, sedangkan murid akan lebih peduli, mampu mengartikulasikan pendapat, mampu berpikir secara terintegrasi dan prestasinya akan meningkat. Kompetensi yang disebutkan di atas merupakan sebagian dari karakter yang patut dikembangkan untuk menjadi warga masyarakat yang baik.

Para hadirin yang berbahagia, Penyusunan Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) juga merupakan amanat Undang-Undang nomor 32 Tahun 2009 dalam melakukan inventarisasi Sumber Daya Alam (SDA) terus meningkat dalam kuantitas dan kualitasnya. Evaluasi terhadap penyusunan SLHD Provinsi, Kabupaten dan Kota yang dilaksanakan menunjukan kelengkapan data, kesesuaian format data, serta ketajaman analisis data semakin baik. Hal ini juga selaras dengan amanat yang diemban dalam Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, yang menjamin hak dan kewajiban semua pihak untuk mengetahui informasi tentang Sumber Daya Alam (SDA) dan pengelolaan lingkungan hidup.

Hadir pula para pejuang lingkungan yang menerima Penghargaan Kalpataru, yaitu para individu atau kelompok masyarakat yang menunjukkan kepeloporan dan memberikan sumbangsihnya bagi upaya-upaya pemeliharaan fungsi lingkungan hidup. Penerima Kalpataru bisa berperan sebagai mitra, nara sumber, pelatih, pendamping dan fasilitator penguatan kapasitas masyarakat.

Para hardirin yang berbahagia, Ucapan selamat saya sampaikan kepada para penerima Penghargaan Anugerah Lingkungan, dengan harapan para penerima penghargaan tahun ini dapat mempertahankan prestasinya bahkan meningkatkannya di masa mendatang. Apresiasi dan ucapan terima kasih, saya sampaikan kepada semua pihak terutama Dewan Penilai Adipura, Dewan Penilai Adiwiyata dan Tim Penilai Penyusunan SLHD serta Dewan Pertimbangan Kalpataru, sehingga penghargaan ini dapat disampaikan kepada mereka yang berprestasi.

Akhir kata, saya mengajak semua pihak untuk terus menjalin kerjasama berupaya menanamkan kesadaran lingkungan hidup kepada sekitar kita. Semoga Allah SWT berkenan memberikan restunya atas niat baik kita semua.

Terima kasih.
Jakarta, 5 Juni 2012
Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı