Sarasehan Dan Pengkaderan Lingkungan Hidup

KLH bekerjasama dengan Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), dan Batu Namprak Bandung menyelenggarakan Sarasehan dan Pengkaderan Lingkungan Hidup di Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, pada tanggal 7 s/d 9 Mei 2004. Sarasehan dan pengkaderan lingkungan hidup ini, dilaksanakan dalam rangka pembentukan kader lingkungan hidup dan pengembangan peran aktif masyarakat pedesaan, sehingga tumbuh [...]

13 May 2004 15:11 WIB

KLH bekerjasama dengan Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS), dan Batu Namprak Bandung menyelenggarakan Sarasehan dan Pengkaderan Lingkungan Hidup di Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, pada tanggal 7 s/d 9 Mei 2004.

Sarasehan dan pengkaderan lingkungan hidup ini, dilaksanakan dalam rangka pembentukan kader lingkungan hidup dan pengembangan peran aktif masyarakat pedesaan, sehingga tumbuh tuntutan dari masyarakat pedesaan, khususnya petani, untuk mendapatkan lingkungan yang baik dan sehat, serta timbul inisiatif dalam menghadapi dan mengatasi permasalahan lingkungan yang terjadi di daerah sekitarnya.

Kegiatan ini, diikuti oleh 45 orang peserta yang merupakan representatif dari masyarakat desa di Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Dalam kegiatan sarasehan dan pengkaderan lingkungan hidup, peserta diberi pengetahuan tentang pengelolaan lingkungan hidup dan peraturan perundang-undangan tentang lingkungan hidup. Selain itu, diberi pelatihan tentang pengelolaan lingkungan hidup dan praktek lapangan teknik persemaian dan teknik perbanyakan (Vegetatif), serta praktek lapangan pemantauan lokasi alam yang rusak dan alami. Peserta juga diberi arahan cara pembuatan rencana kerja kader lingkungan hidup dan pemahaman tentang lahan kritis. Diakhir kegiatan sarasehan, peserta melakukan kegiatan pencanangan penanaman pohon di hutan lindung Ranca Upas sebanyak 500 pohon jenis meranti, mahoni, suren, kayu putih, dan rasamala, serta dikukuhkan sebagai kader lingkungan hidup pedesaan.

Output/keluaran dari kegiatan sarasehan dan pengkaderan lingkungan hidup di Kecamatan Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung adalah terbetuknya 1 (satu) kader kelompok, 23 (duapuluh tiga) kader individu, tetanamnya 3000 pohon : 2000 pohon ditanam di kawasan hutan lindung Ranca Upas dan 1000 pohon ditanam di lahan masyarakat pada. Luas lahan yang tertanam pohon melalui kegiatan ini sekitar 3 ha: 2 ha di kawasan hutan RancaUpas dan 1 ha di lahan masyarakat.

Informasi lebih lanjut hubungi :

Asdep Urusan Masyarakat Pedesaan, Tradisional dan Adat,
Deputi III KLH Bidang Pengembangan Peran Masyarakat

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor