KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sarasehan Nasional Penguatan Peran Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan ini dibuka oleh Sekretaris Menteri Ir. Arief Yuwono. Kegiatan yang bertujuan membuka usaha dan inisiatif kerjasama kalangan Pemerintah (Pusat maupun daerah), dengan dunia usaha dan masyarakat ini akan menghasilkan rencana aksi yang sudah menjadi agenda berbagai kalangan di masyarakat baik atas inisiatif individu maupun kelompok. Perlu dicatat bahwa Kementerian Lingkungan Hidup melalui program Warga Madani melakukan pemberdayaan masyarakat dan menguatkan inisiatif masyarakat dalam pembangunan berkelanjutan dengan melibatkan banyak pihak.

Secara umum Sarasehan Peran Masyarakat Dalam Pembangunan Berkelanjutan bertujuan untuk:
1. Menguatkan jejaring antar kelompok maupun organisasi masyarakat;
2. Menunjukkan state of the art pemberdayaan masyarakat;
3. Mensosialisasikan inisiatif masyarakat;
4. Menindaklanjuti komitmen para pihak dalam pembangunan berkelanjutan;
5. Mensinergikan berbagai inisiatif masyarakat.

Kegiatan ini diadakan di Hotel Horison Jaya Ancol, Jakarta Utara pada hari Selasa tanggal, 9 Desember 2003. Acara dibuka dengan pemaparan diskusi oleh Sarwono Kusumaatmadja yang memaparkan perlunya Pembangunan Ekosistem yang berwatak wilayah dan meninggalkan pola sektoral yang lebih terkotak-kotak, mencari alternatif advokasi yang lebih baik dan cerdas, serta bersinerginya orang-orang yang bergerak di bidang lingkungan dengan yang bergerak di bidang politik. Hal ini dilatarbelakangi pentingnya program-program pembangunan untuk tidak elitis dan tercurah untuk kepentingan masyarakat.

Kegiatan ini melibatkan pihak-pihak yang tergabung dalam program Warga Madani seperti serikat pekerja, asosiasi nelayan, asosiasi petani, pengusaha, lembaga swadaya masyarakat, mahasiswa, kelompok perempuan, organisasi masyarakat, lembaga legislatif (pusat dan daerah), partai politik, lembaga donor asing (JICA, GTZ AusAid, CIDA, ADB, World Bank, UNDP, dll) dan dunia usaha yang memiliki inisiatif dalam program pemberdayaan masyarakat dalam pelestarian lingkungan.

Untuk informasi lebih lanjut:
Panitia Sarasehan Nasional
“Peningkatan Peran Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan”
Deputi Bidang Pengembangan Peran Masyarakat
Kementerian Lingkungan Hidup
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24, Gd. B, Lantai 5
Jakarta 13410
Telp: (021) 8591121 / 8580087
e-mail : sinta@menlh.go.id