KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

FASILITASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT  PEDESAAN (TRADISIONAL DAN ADAT) DALAM PENGELOLAAN SDA RAMAH LINGKUNGAN DAN PELESTARIAN  LINGKUNGAN HIDUP 
 DI DESA SAMBAK LERENG GUNUNG  SUMBING


sambak1.jpgPada tanggal 22 Agustus 2007  Kememterian Negara Lingkungan Hidup bekerja sama dengan  LSM Kelompok Swadaya Masyarakat Desa Sambak, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah  menyelenggarakan kegiatan sarasehan “Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (Tradisional dan Adat) desa lereng Gunung Sumbing dalam Pengelolaan SDA Ramah Lingkungan dan Pelestarian Lingkungan Hidup.

Maksud diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat pedesaan (tradisional dan adat) desa Sambak Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang dalam pengelolaan lingkungan hidup dengan tujuan yang ingin dicapai,  meningkatnya partisipasi masyarakat dan peran aktif masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan akan energi gas dan listrik untuk mengurangi tekanan penduduk desa terhadap hutan di sekitarnya sekaligus mengurangi ketergantungan masyarakat desa akan minyak tanah untuk bahan bakar rumah tangga. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Program Warga Madani (Pemberdayaan Masyarakat) yang selama ini dikembangkan oleh Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, khususnya Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan.

sambak2.jpgPada kesempatan ini, Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat memfasilitasi  kegiatan pelatihan pemanfaatan limbah ternak sapi menjadi biogas, di samping memberikan bantuan 2 instalasi biogas serta bibit pohon MPTS berkualitas sebanyak 350 pohon yang nantinya akan dijadikan sebagai pohon induk untuk pengembangan kebun bibit berbasis swadaya masyarakat. Peserta pelatihan adalah masyarakat desa Sambak yang terdiri dari ketua dan anggota kelompok perempuan, pemuda dan petani sebanyak 25 orang.

Dalam sambutan Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat yang diwakili Kepala Bidang Masyarakat Tradisional dan Adat, menyatakan bahwa peran serta aktif dan inisiatif lokal masyarakat di bidang lingkungan hidup diharapkan  mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadi langkah awal menuju desa percontohan wanatani/agrowanawisata. Kegiatan ini dihadiri Dinas Kehutanan, Dinas LH, Perhutani, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.  

Informasi lebih lanjut hubungi :
Asisten Deputi Urusan Masyarakat Pedesaan.
Telpon/Fax: 021-8580087