KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jumat, 19 Maret 2010 Republika. Gorontain Utara – Program Sedekah Pohon diluncurkan di Propinsi Gorontalo, tepatnya di Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, Propinsi Gorontalo. Acara yang diadakan pada Rabu (17/3) pagi tadi tersebut ditandai dengan penanaman perdana pohon mahoni di kawasan perbukitan desa tersebut. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama aktif antara Dompet Dhuafa Republika bersama LPP Radio Republik Indonesia (RRI) serta Pemerintah Daerah Gorontalo.

Acara Sedekah Pohon kali ini bertepatan dengan event Jambore Siaran Nasional RRI 2010 (JAMSINAS) yang diadakan di wilavah yang kerap di sebut sebagai “Gerbang Emas” tersebut. Hadir dalam penanaman pohon perdana tersebut Wakil Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Sekda Gorut Ismail Patamani, Direktur Layanan RRI Bimo Bayu Nimpuno, Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ismail A. Said, serta para peserta JAMSINAS se-Indonesia. Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas dipercayanya Gorontalo Utara menjadi salah satu lokasi Program Sedekah Pohon. Ditambahkan pula bahwa Kabupaten Gorontalo Utara adalah daerah yang subur dan potensial, sehingga diharapkan dapat menjadi factor kesuksesan program ini.

Sementara itu, Presdir AD Ismail A. Said, menjelaskan tentang konsep Sedekah Pohon yang bertujuan tidak hanya berorientasi pada aim semata, tapi juga untuk kemanusiaan, “Bulan depan, kita akan tanam pohon di Bone, Sulawesi Selatan,” tuturnya. Seperti diketahui, Program Sedekah Pohon sudah berjalan sejak Februari lalu dengan lokasi awal penanaman di Pesantren el-Tahfidh, Kampung Kubang, Desa Jati Sari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 13 Februari 2010. DD dan RRI juga telah mensosialisasikan program ini di depan peserta Konferensi Radio Asia 2010 yang berlangsung di New Delhi 22-24 Februari lalu. ADV

Sumber:
Republika: 19 Maret 2010
Hal 22