KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sebagai puncak rangkaian peringatan hari jadi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) yang ke 25, adalah diselenggarakannya Acara Even Publik Selasar Bumi 2005 di Areal Plaza Graha Pemuda, gedung MENPORA, Senayan Jakarta, pada hari Minggu, 20 Nopember 2005.

Dengan semangat “buktikan hebatnya tanganmu bagi lingkungan kita” para pecinta lingkungan yang terdiri dari kalangan budaya, tokoh agama, wartawan dari media cetak dan eletronik, pemuda, pelajar, mahasiswa, seniman, anak-anak, dan dari kalangan lembaga swadaya masyarakat lainnya, berkumpul, berkarya dan berdiskusi seharian penuh mulai jam 09.00 sampai jam 17.00 WIB, yang ditutup dengan penyerahan “Pohon Pesan Bumi”, yang berupa rangkaian daun yang berisi pesan-pesan, keinginan dan harapan, yang ditulis oleh masyarakat tentang penyelamatan lingkungan hidup di Indonesia.

“Pohon Pesan Bumi” tersebut diserahkan secara resmi oleh Sdr. Chalid Muhammad selaku Direktur WALHI kepada Menteri Negara Lingkungan Hidup. Dalam sambutannya Ir. Rachmat Witoelar, selaku MENLH, menyampaikan ucapan selamat kepada WALHI yang didirikan pada tanggal 15 Oktober 1980, selama 25 tahun secara konsisten dan terus menerus memperjuangkan lingkungan Indonesia agar tetap bersih, hijau dan lestari.

Upaya advokasi yang terus menerus dilakukan oleh masyarakat peduli lingkungan, khususnya yang tergabung dalam WALHI, memberikan dampak positif kepada masyarakat luas, untuk mengetahui hak dan kewajibannya untuk secara bersama memelihara fungsi kelestarian lingkungan hidup, serta menjadikan isu lingkungan di Indonesia muncul ke permukaan dan menjadi perhatian publik,

Dalam sambutan penutupnya, Menteri Negara Lingkungan Hidup mengajak seluruh komponen bangsa untuk tetap bersemangat dalam berkarya nyata demi lingkungan hidup Indonesia yang tetap hijau dan lestari.

Disampaikan oleh :
Asisten Deputi Urs. Edukasi dan Komunikasi Lingkungan
Deputi Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, KLH.