KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Dalam rangka pelaksanaan UU 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup serta PERMENLH No. 17/2010 tentang audit Lingkungan Hidup (dapat diunduh dibawah ini), khususnya yang berkenaan dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi yang akan diberi  tugas dan kewenangan melakukan penilaian kompetensi dan penerbitan sertifikasi kompetensi bagi personil auditor lingkungan hidup, bersama ini Kementerian Lingkungan Hidup mengumumkan pembukaan seleksi ‘batch’ kedua bagi calon Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Auditor Lingkungan Hidup.

Adapun persyaratan calon LSK Auditor Lingkungan Hidup meliputi:

  1. Memiliki misi pengembangan profesi/kompetensi keahlian;
  2. Memiliki SDM dan keuangan yang memadai;
  3. Memiliki/menyiapkan system manajemen mutu untuk penilaian dan sertifikasi kopetensi Auditor Lingkungan Hidup;
  4. Melakukan kajian resiko konflik kepentingan dan upaya menghindari resiko tersebut; dan
  5. Memiliki rencana kerja untuk siap operasionalisasi LSK.

Surat Pengajuan resmi, profil lembaga, dan berkas pemenuhan persyaratan oleh calon LSK Auditor Lingkungan hidup disampaikan kepada Deputi MENLH Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas, melalui alamat korespondensi yang tercatum dibawah ini, selambat-lambatnya tanggal 20 Oktober 2010. Calon LSK yang dapat memenuhi persyaratan akan diberikan kesempatan untuk presentasi dalam pertemuan dengan KLH dan wakil pemangku kepentingan tentatif pada minggu ke-empat bulan Oktober 2010.

Dua calon LSK Auditor Lingkungan Hidup yang telah mengajukan diri pada masa seleksi ‘batch’ pertama pada bulan Agustus 2010 serta telah melakukan presentasi dalam pertemuan dengan KLH dan wakil pemangku kepentingan pada bulan September 2010 akan diikutsertakan dalam masa seleksi ‘batch’ kedua tersebut.

Deputi MENLH Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas,
Asdep Urusan Standarisasi, teknologi dan produksi Bersih
Gedung A, Lantai 6
Jl. DI. Panjaitan Kav. 24, Kebon nanas,  Jakarta Timur 13410
Telp: 021-8584638        Fax: 021-85906167    email: kompetensi_lingkungan@yahoo.co.id
Uduh: PERMENLH No.17 tahun 2010 tentang Audit Lingkungan Hidup