KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

ansor.jpgJakarta, 3 Oktober 2006. Kementerian Negara Lingkungan Hidup menyambut baik ajakan kerjasama Gerakan Pemuda Ansor yang dituangkan dalam Piagam Kerjasama dua lembaga ini. Penandatanganan MoU dilaksanakan di Aula Kantor GP Ansor di Jakarta tanggal 3 Oktober 2006 yang diakhiri dengan Buka Puasa Bersama antara MENLH, Ir. Rachmat Witoelar beserta jajaran pejabat eselon I dan eselon II, Ketua PP GP Ansor, H. Saifullah Yusuf, Ketua PBNU, KH Masdar Farid Masudi serta lebih dari 200 warga GP Ansor.

Gus Ipul, panggilan akrab Ketua PP GP Ansor yang juga MENEG Pembangunan Wilayah Tertinggal, dalam Sambutan Pembukaannya menyampaikan keinginan GP Ansor untuk berkiprah di bidang lingkungan hidup. Namun demikian, saat ini GP Ansor hanya mempunyai tenaga dan semangat yang besar saja.  Dalam Sambutannya, Ir. Rachmat Witoelar menyatakan bahwa tenaga dan semangat anggota GP Ansor sudah cukup untuk untuk memperlihatkan kepedulian dan keberpihakannya kepada lingkungan. Kader GP Ansor yang begitu militan, merupakan modal penting dalam membangun kesadaran lingkungan. Pendekatan terhadap upaya pemberantasan kemiskinan perlu juga menjadi prioritas.

Sebagai salah satu ketua PBNU, KH Masdar Farid Masudi berharap bahwa bentuk kerjasama ini menjadi pelopor dilingkungan warga nahdhliyin, sehingga menjadi contoh bagi badan otonom NU lainnya. Sebagai tindaklanjut dari MoU ini, pihak GP Ansor berencana untuk turut serta pemulihan daerah bencana tsunami dengan menanam cemara laut di pantai wisata Pangandaran yang mengerahkan sekitar 1500 anggota Banser di 4 cabang PC Ansor.

Informasi lebih lanjut:

Asdep urusan Partisipasi Masyarakat
dan Lembaga Pemasyarakatan
Gedung B, lt. 5.
Tel: 021-85904919, fax: 021-8580087
Email: sinta@menlh.go.id