KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sembilan puluh tiga pengawas  PROPER  dari 22 provinsi telah dibekali dengan pengetahuan terkini mekanisme dan kriteria PROPER. Pembekalan dilakukan selama 3 hari penuh di Jakarta pada tanggal 20-21 Maret 2013  oleh Tim Teknis PROPER Kementerian Lingkungan Hidup.  Materi yang diberikan meliputi kebijakan PROPER, mekanisme proper, kriteria proper dan ketrampilan menyusun berita acara pengawasan dan rapor PROPER.

Kebijakan PROPER tahun ini akan difokuskan pada upaya  penurunan beban dan memperbaiki sistem perizinan pembuangan limbah cair dan TPS. Berdasarkan evaluasi pelaksanaan PROPER tahun 2011-2012, banyak izin-izin yang belum diproses sehingga  menghambat pencapaian kinerja pengelolaan lingkungan di perusahaan. Tanpa izin pengawasan tidak optimal karena esensi pengawasan adalah mengawasi pelaksanaan izin yang telah diberikan kepada perusahaan.

Salah satu inovasi terbaru PROPER adalah Mekanisme Penilaian Mandiri.  Mekanisme ini, selain merupakan arahan  Menteri Lingkugan Hidup untuk memberikan insentif bagi perusahaan yang telah konsisten taat dalam pengelolaan lingkungan, juga merupakan strategi yang harus ditempuh untuk mengatasi kenaikan jumlah peserta PROPER yang terus bertambah. Tahun ini jumlah peserta PROPER mencapai kurang lebih 1800 perusahaan. Dengan jumlah staf yang menangani PROPER yang tidak banyak berubah dari tahun ke tahun dan waktu penilaian PROPER yang  tetap satu tahun, maka sumberdaya yang ada harus digunakan dengan lebih efisien. Oleh sebab itu perlu dipilah  proses-proses peniliaian PROPER yang dapat dilakukan secara paralel dan proses yang  harus dilakukan secara berurutan atau series.

Dengan menggunakan analogi kilang minyak, maka untuk dapat memilah proses-proses tersebut maka diperlukan saringan-saringan untuk memisahkan fraksi-fraksi minyak yang dapat diolah dengan cepat dengan fraksi minyak yang perlu perlakuan tertentu memecah ikatan karbon sehingga dihasilkan  produk yang diharapkan.  Mekanisme penilaian mandiri menggunakan saringan konsistensi peringkat ketaatan untuk menjaring perusahaan yang  menjadi peserta Penilaian PROPER Mandiri ini. Penilaian Mandiri PROPER diberikan kepada Perusahaan Peserta PROPER yang telah memperoleh peringkat biru tiga kali berturut turut dan peringkat Hijau atau Emas tahun sebelumnya.

Perubahan mekanisme ini menyebabkan dikembangkanya perangkat-perangkat baru dalam PROPER. Salah satu perangkat baru pendukung adalah Blangko  Isian Penilaian Mandiri. Perusahaan peserta penilaian Mandiri melaporkan secara mandiri kinerja pengelolaan lingkungannya untuk pemeringkatan PROPER. Blangko ini menjadi alat penting untuk menilai peringkat perusahaan dan menyaring perusahaan-perusahaan yang layak untuk dinilai lebih lanjut dalam pemeringkatan hijau dan emas.

Dalam pelatihan ini Pengawas PROPER provinsi telah dibekali dengan kemampuan untuk mengisi blangko tersebut dari sumber-sumber data yang relevan, menterjemahkan informasi yang telah dikumpulkan menjadi Berita Acara Pengawasan dan kemudian membandingkannya dengan kriteria PROPER sehingga di peroleh peringkat kinerja pengelolaan lingkungan perusahaan.

Untuk meningkatkan “self esteem”  pengawas PROPER Provinsi, maka bagi 93 pengawas PROPER yang telah lulus program ini maka diberikan sertifikat Training of Trainer, dengan tugas memberikan pelatihan bagi pengawas-pengawas PROPER di provinsi masing-masing  dan mitra kerja pengawasan di kabupaten / kota. Dengan demikian replikasi pengetahuan PROPER ini di  provinsi dan kabupaten/kota akan lebih banyak dibanding jika ditangani langsung oleh Tim Teknis PROPER Kementerian Lingkungan Hidup. Jika setiap provinsi melakukan pelatihan terhadap 10 pengawas, maka dari 93 orang TOT ini akan dicetak 220 pengawas PROPER di daerah.

Sementara itu   untuk 9 Provinsi yang baru bergabung dalam program dekonsentrasi PROPER, maka dilakukan peningkatan kapasitas yang langsung ditangani oleh Tim Teknis Kementerian Lingkungan Hidup. Hal ini dilakukan untuk menjamin pelaksanaan PROPER yang standar meskipun sebagian besar kegiatan penilaian PROPER dilakukan oleh daerah. Dengan program ini diperkirakan 135 pengawas lingkungan hidup di provinsi akan memperoleh pengetahuan yang memadai, sehingga mereka dapat melaksanakan pengawasan PROPER.

Berita Terkait:
Website PROPER terbaru

Informasi Lebih lanjut
Sekretariat PROPER
Telp. 021 8520886
Email:  sekretariatproper@gmail.com