KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Hilton, 23 Mei 2006 – Dalam beberapa dekade terakhir Kementerian Negara Lingkungan Hidup dihadapkan pada tantangan yang sangat berat dalam melakukan tugas penegakan hukum.

Dari berbagai permasalahan penegakan hukum, yang paling berat adalah melakukan pembuktian bahwa seseorang atau sebuah lembaga atau kegiatan telah melakukan kegiatan yang merusak lingkungan.

Penegakan hukum yang bersandar pada pembuktian yang bersifat "tertangkap basah" ketika sedang melakukan kejahatan lingkungan akan terus mengalami berbagai hambatan hal ini disebabkan sulitnya melakukan pembuktian.

Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membantu proses pembuktian bahwa perusakan atau pencemaran lingkungan benar-benar terjadi disbuah kawasan, dan dengan menggunakan metode Forensik Lingkungan (Environmental Forensics) yang hari ini diseminarkan dapar disusun argumen ilmiah tentang zat pencemar dan kronologis kejadian pencemarannya.

Melalui seminar ini bertujuan untuk membangun jaringan (networking) diantara unsur-unsur pendukung Forensik Lingkungan seperti pakar di berbagai perguruan tinggi, para penanggung jawab laboratorium rujukan dan laboratorium swasta yang telah terakreditasi dan juga untuk menjadikan kerangka analisa Forensik Lingkungan sebagai pendekatan unggulan dalam upaya penegakan hukum dan pengelolaan dampak lingkungan.

Di masa mendatang, KLH akan menyebarluaskan informasi teknis Forensik Lingkungan melalui media cetak dan elektronik, pelatihan dan uji coba penerapan teknis atau metode Forensik Lingkungan. Selain itu, pemanfaatan fasilitas pengujian yang dimiliki untuk memberi kesempatan mengembangkan ketrampilan dalam melakukan Forensik Lingkungan.

Seminar ini berlangsung di Hotel Hilton, tanggal 23 Mei 2006 atas kerjasama Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan BP Migas. Peserta yang hadir terdira dari Instansi Pemerintah terkait, perguruan tinggi dan kalangan industri terutama bidang Migas.

Informasi lebih lanjut:
Staf Khusus Menteri Negara Lingkungan Hidup
Telp./Fax. 021-8518128
E-mail : StafKhususMenteri@menlh.go.id