KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 6 – 7 Mei 2003 telah berlangsung Seminar Introduksi Teknologi Pemanfaatan Limbah Agro Industri di Manado – Sulawesi Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada peserta mengenai kebijakan-kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan BAPEDAL Propinsi Sulawesi Utara dalam pengendalian pencemaran usaha kecil dan teknologi yang tepat dalam pengolahan limbah hasil industri kecil serta memperkenalkan teknologi pengolahan limbah air kelapa menjadi nata de coco serta teknologi pengolahan tempurung kelapa menjadi arang aktif dan briket. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 36 orang aparat pemerintah kota dan kabupaten serta pengrajin di Sulawesi Utara.

Materi yang disampaikan pada acara ini adalah : kebijakan Asdep Urusan Limbah dalam penanggulangan pencemaran usaha kecil khususnya untuk agro industri skala kecil, pemanfaatan limbah air kelapa menjadi produk nata de coco, pemanfaatan tempurung kelapa menjadi arang aktif/briket arang, serta kunjungan lapangan dan demo ke industri nata de coco dan industri arang aktif/briket arang.

Narasumber untuk masing-masing materi tersebut adalah : Kepala Bapedal Propinsi Sulut, Asdep Urusan Limbah Usaha Kecil, Kepala Balai Riset dan Standarisasi Disperindag Prop. Sulut, Dekan Universitas Del la Sale Manado.
Berdasarkan hasil diskusi maka dapat diketahui bahwa banyak dari bagian pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan antara lain : akar kelapa sebagai bahan baku karya seni dan mebel; batang kelapa untuk bahan bangunan, jembatan, kerangka papan perahu atau kayu bakar; daun kelapa untuk kemasan masakan tradisional, hiasan janur, sapu lidi, tusuk sate; bunga kelapa dapat menghasilkan nira kelapa yang dapat digunakan untuk gula kelapa, asam cuka, nata de coco; sabut kelapa digunakan untuk jok mobil, partisi; tempurung kelapa digunakan untuk arang aktif, briket arang dan air kelapa digunakan untuk nata de coco.

Forum ini sangat bermanfaat bagi penyelenggara dan peserta untuk berbagi informasi dan pengetahuan tentang pemanfaatan limbah agro industri menjadi produk yang menarik dan dapat menambah pendapatan pengrajin.

Informasi Lebih Lanjut:

Informasi Lengkap:
Asdep Urusan Limbah Domestik
Gedung C Lantai 2
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24, Kebon Nanas. Jakarta 13410.
Telp.(021) 851-4771