KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kaget iklim dan takut terhadap perubahan iklim, membuat Belanda begitu khawatir sehingga mereka mendadak sontak berperilaku sadar lingkungan. Perubahan perilaku ini begitu cepatnya, seperti terlihat pada penelitian "Monitor Kelanggengan 2007." Tahun-tahun belakangan sampai separuh lebih orang Belanda berperilaku sadar lingkungan hidup. Laporan redaktur ilmu pengetahuan Thijs Westerbeek.

Penelitian ini diadakan terhadap sampel yang benar-benar mencerminkan masyarakat dan seluruhnya mencapai 1350 orang. Mereka menyatakan khawatir terhadap lingkungan hidup, khususnya perubahan iklim, sehingga mereka misalnya membeli lampu ramah lingkungan, atau membeli barang-barang yang proses pembuatannya ramah lingkungan, walaupun biasanya barang-barang itu lebih mahal harganya. Pemimpin proyek "Monitor Kelanggengan 2007" adalah Peter van Vliet. Ia sangat terkejut pada tingginya jumlah orang yang menyatakan khawatir dengan perubahan iklim.

Peter van Vliet: Persentase yang tinggi itu memang mengejutkan, kami juga kaget. Tapi di pihak lain kalau dilihat apa yang tahun-tahun belakangan muncul dalam pemberitaan tentang perubahan iklim dan kelanggengan alam, maka sudah bisa dipastikan ketakutan seperti itu akan muncul.

Tapi ini bukan karena filmnya Al Gore, mantan wakil presiden Amerika yang aktivis lingkungan hidup itu, atau karena besarnya perhatian pers untuk perubahan iklim. Orang Belanda dalam kehidupan sehari-hari juga mengalami sendiri perubahan iklim. Kalau berlibur ke Prancis misalnya, mereka mengalami sendiri betapa cuaca tiba-tiba menjadi terlalu panas untuk jalan-jalan. Makanya mereka berbuat lain. Kembali Peter van Vliet.

Peter van Vliet: Jadinya begitu dekat. Bulan-bulan sebelumnya musim dingin tidak lagi dingin. Itu mungkin tidak bisa dijelaskan sebagai perubahan iklim. Tetapi orang menjadi sadar soal perubahan iklim. Di halaman rumah mereka lihat sendiri bunga-bunga lebih dulu mekar. Gejala-gejala itu bisa dianggap sebagai perubahan iklim. Lalu orang tahu dari berita bahwa iklim menjadi lebih ekstrim, maka mereka cenderung merubah perilaku.

Monitor Kelanggengan 2007 diupayakan oleh pelbagai lembaga penting Belanda, antara lain Universitas Wageningen, Bank ASN yang memberi perhatian khusus pada lingkungan hidup dan Pemda Provinsi Utrecht. Hasil penelitian jelas berkadar ilmiah tinggi. Kelompok orang yang diwawancarai benar-benar mencerminkan masyarakat Belanda. Selain itu juga terdapat pertanyaan-pertanya an khusus sehingga orang yang ditanya harus menjawab apa adanya. Jumlah 1350 orang memadai, untuk bisa menyimpulkan bahwa jawaban mereka mencerminkan kecenderungan yang berkembang di dalam masyarakat. Maka disimpulkan, dalam setahun belakangan, separuh lebih orang Belanda berperilaku sadar lingkungan.

Kelanggengan lingkungan hidup sementara itu juga merupakan agenda politik penting. Dua minggu mendatang, pemerintah Belanda akan meluncurkan APBN tahun depan. Pada kesempatan itu, menteri keuangan tidak hanya akan menyodorkan tas yang berisi anggaran biasa, tetapi juga anggaran kelanggengan. Isinya proyek-proyek ramah lingkungan dan harus memperoleh perhatian serta anggaran khusus.

Sumber:
Date: Wed, 5 Sep 2007 15:10:01 +0000
From: Radio Nederland Berita list manager <owner-berita@ RNW.NL>
———— ——— ——— ——— ——— ——— -