KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Ir Budirama Natakusumah, MK Kepala BPLHD Prov. DKI Jakarta
"Penanggulangan pencemaran udara akan tetap terus diupayakan. Karena itu program Car Free Day atau Hari babas Kendaraan Bermotor (HBKB) akan rutin dilaksanakan, pada hari minggu setiap akhir bulan di Jalan Sudirman – Thamrin," kata Kepala BPLHD Prov. DKI Jakarta Budirama Natakusumah, saat menghadiri peluncuran HOPE 2009, 28 December 2008 di Bundaran HI Jakarta.

Sementara untuk mengefektifkan pengujian emisi kendaraan bermotor telah disediakan 238 bengkel uji emisi. Dengan adanya bengkel uji emisi, diharapkan masyarakat pemiliki kendaraan bermotor tidak lagi kesulitan melakukan pengujian emisi.

Hasil monitorong terhadap efektivitas Hari Babas Kendaraan Bermotor, di Jalan Sudirman – Thamrin, prosentase pencemaran udara masih fluktuatif. Namun secara keseluruhan menunjukkan hasil positif menggembirakan. Sebab parameter kandungan pencemar, seperti debu (PM10), carbon monoksida (CO), nitrogen monoksida (NO), pada saat tertentu mengalami penurunan cukup signifikan.

Sehubungan dengan program HBKB, Budirama mengihimbau agar masyarakat dapat memberikan dukungan maksimal bagi suksesnya program ini. "Kami menghimbau, masyarakat dan dunia usaha serta berbagai instansi dapat berpartisipasi demi suksesnya program ini yakni dengan cara pada hari-hari tersebut mau beralih menggunakan kendaraan umum, memanfaatkan ruang publik di sepanjang ruas jalan oleh kegiatan olah raga, kesenanian, dan pameran-pameran dari usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup," kata Budirama. 
Paulus Londo

Sumber:
Suara Akar Rumput
Edisi 07-12 Januari 2009
Hal. 8