KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Tidak terasa waktu telah berjalan 8 tahun bagi civitas akademis Madrasyah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, Serpong. Sekolah yang berdiri tahun 1997 itu, baru saja menyelenggarakan kegitan Sewindu Insan Cendekia dengan menggelar berbagai kegiatan yang melibatkan sekolah-sekolah se-Jabodetabek.

Lomba pidato 3 bahasa (Inggris, Arab, dan Indonesia) dan lomba logo Insan Cendekia, merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan selain workshop, dan pameran pendidikan.

Suasana edukatif semakin terasa kental manakala ‘Information Center’ memberikan pengumuman dan instruksi dalam 2 (dua) bahasa, Inggris dan Indonesia. Sementara di ruang Gedung Serba Guna “Multy Purpose Building” para siswa dengan seksama mengikuti orator dari berbagai narasumber.

Pada hari pertama dalam acara pembukaan, hadir Politikus kondang yang juga merupakan perwakilan ICMI, yaitu Ibu Marwah Daud Ibrahim. Dari kalangan artis, berkenan hadir Astri Ivo. Sedangkan pada hari kedua, hadir mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) masa Presiden Soeharto, Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro ditemani pengusaha Rahmat Gobel. Pada acara berikut, keduanya melakukan penanaman pohon di halaman Gedung Serba Guna.

Mobile Exhibition

Sabtu-Minggu, 12-13 Februari 2005 pada saat Pameran Pendidikan yang dihadiri berbagai institusi pendidikan dan lembaga informasi pendidikan, juga turut hadir Mobile Exhibition dari Kementerian Lingkungan Hidup. Selain para siswa, tidak sedikit pula orang tua murid yang datang ke stand Kementerian Lingkungan Hidup tersebut.

Dari berbagai pengunjung, turut meninjau Ibu Marwah Daud Ibrahim dan Astri Ivo. Dalam interaksinya dengan petugas stand, tergambar kekagumannya pada Mobile Exhibition. Setelah mendapat keterangan dari petugas mengenai fungsi dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan dengan Mobile Exhibition, termasuk kendala materi penyampaian, kedua tamu terhormat itu pun meninggalkan stand KLH dengan kesan yang sangat positif.

Pada acara penutupan, pihak Kementerian Lingkungan Hidup menyerahkan satu paket buku informasi yang berisi, 3 edisi Serasi 2004, Panduan Pendidikan Lingkungan Hidup, CD ACIL, dan 2 Buku Peraturan Perundang-undangan mengenai lingkungan hidup. Dalam waktu yang disediakan oleh Panitia pasca penyerahan kenang-kenangan, pihak Kementerian Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Sdr Bangbang Ismail, memberikan sambutan singkat yang menekankan perlunya keterlibatan (peran serta) semua masyarakat, termasuk siswa-siswi sekolah dalam hal menjaga lingkungan hidup.

Hal tersebut merupakan jawaban dari beberapa pengunjung Mobile Exhibition yang sering menanyakan ‘kenapa kondisi lingkungan hidup tidak kunjung membaik’.

Informasi Lebih Lanjut :
Asisten Deputi Urusan Informasi
Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24 Kebon Nanas
Jakarta 13410
Tlp. 021-8580081
Email : infolh@menlh.go.id