KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta 16 September 2003 Dalam rangka memperingati Hari Ozon Internasional yang jatuh setiap tanggal 16 September, Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan Lokakarya dan Pameran Teknologi Perlindungan Lapisan Ozon dengan tema “Bebas Bahan Perusak Ozon Pada Akhir Tahun 2007: Siapkah Indonesia?” Lokakarya dan pameran ini diadakan di Auditorium Binakarya, Kompleks Bidakara, Pancoran Jakarta Selatan.

Selain untuk memperingati Hari Ozon Internasional, pameran yang diselenggarakan juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam program perlindungan lapisan ozon; meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai upaya penanggulangan penipisan lapisan ozon; memperkenalkan bahan, proses, produk dan teknologi yang tidak merusak lapisan ozon; serta mempersiapkan masyarakat luas dalam menghadapi target penghapusan BPO (Bahan Perusak Lapisan Ozon), yang termasuk di dalamnya adalah freon yang digunakan dalam alat pendingin, pada tahun 2007.

Peringatan Hari Ozon Internasional ini dilatarbelangi oleh adanya kesepakatan yang tercantum dalam Konvensi Wina yang ditetapkan pada tahun 1985 dan Protokol Montreal yang ditetapkan pada tahun 1987 dimana salah satu isu lingkungan globalnya adalah perlindungan lapisan Ozon

Sementara itu, Pemerintah Indonesia telah menjadi negara pihak Konvensi Wina
maupun Protokol Montreal sejak ditetapkannya Keputusan Presiden No.23
Tahun 1992. Berdasarkan Keputusan Presiden tersebut, Indonesia juga mempunyai kewajiban untuk melaksanakan program perlindungan lapisan Ozon (BPO) secara bertahap.

Untuk itu, secara nasional Indonesia telah menetapkan komitmen untuk menghapus penggunaan BPO pada akhir tahun 2007.

Peserta pameran kali ini melibatkan perusahaan yang menghapus penggunaan BPO dalam proses produksinya serta perusahaan pemasok bahan dan teknologi yang tidak merusak lapisan ozon. Selain itu, berbagai instansi dan organisasi juga banyak yang berpartisipasi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Peringatan Hari Ozon Internasional,
silahkan menghubungi:

Asdep Urusan Atmosfir dan Perubahan Iklim
Deputi Bidang Pelestarian Lingkungan
Kementerian Lingkungan Hidup
Tel. (021) 8517164
F (021) 8590 2U1
Emaill ozonenet@cbn.net.id