KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Penandatanganan Kesepakatan Bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan
Kementerian  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Jakarta, 18 Pebruari 2011. Dalam rangka mengintegrasikan perspektif gender dan perlindungan  anak dalam berbagai kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, dilakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) tentang Pengarusutamaan Gender dan Perlindungan Anak dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup.

Maksud dari Kesepakatan ini adalah mensinergikan dan mengkoordinasikan kebijakan program dan kegiatan para pihak dalam rangka peningkatan efektifitas PUG di bidang pengelolaan SDA dan LH serta meningkatkan kemitraan ke dua institusi ini. Adapun tujuannya adalah (a) meningkatkan efektifitas penyusunan perencanaan program, kegiatan dan Anggaran Responsif Gender dan peduli hak anak serta pelaksanaannya di pengelolaan SDA dan LH,  (b) menyusun kebijakan khusus untuk untuk mempromosikan dan menangani hak-hak perempuan dan hak anak di bidang pengelolaan SDA dan LH.

Dalam Sambutannya, Menteri Negara Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Ir. Gusti Muhammad Hatta, MS menyampaikan keyakinannya bahwa Kesepakatan Bersama ini dapat menghasilkan perencanaan dan penganggaran kegiatan pengelolaan lingkungan hidup yang responsif gender dan peduli anak.  Hal ini sejalan dengan bunyi pasal 70 Undang-Undang nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang menyatakan “masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan aktif  dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup