KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Desa taruma jaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Prop. Jawa Barat terletak 40 km dari kota Bandung di kaki G. Wayang Windhu dengan ketinggian 1800 feet diatas permukaan laut, luasnya kurang lebih 3700 ha. Total populasi di desa tersebut 10830 jiwa dengan 2995 kepala keluarga. Pada saat ini kebanyakan masyarakat di desa tersebut adalah beternak sapi perah dan berkebun. Di desa Taruma Jaya terdapat 7 mata air: 1.) Pangsiraman 2.) Cikahuripan 3.) Cikoleberes 4.) Cikawudukan 5.) Cihaniung 6.) Cihamurang 7.) Cisanti yang merupakan hulu dari Sungai Citarum.

Pada saat ini terdapat kurang lebih 2700 ekor sapi pada desa Taruma Jaya, dimana 900 ekor sapi di sekitar S. Citarum, dan yang persis di samping Sungai Citarum berjumlah 400 ekor.

Dengan banyaknya ternak di sekitar S.Citarum menyebabkan keruhnya air di hulu Sungai Citarum tersebut.

Kondisi Peternakan Sapi Perah

Di desa Taruma Jaya terdapat kurang lebih 2700 ekor sapi, 1 ekor sapi menghasilkan kurang lebih 15 l susu setiap hari, dan memakan kurang lebih 60 kg pakan ternak. 2700 ekor sapi tersebut di miliki oleh sekitar 1751 kk, sehingga 1 kk rata rata memiliki 2 ekor sapi.

Limbah yang dihasilkan oleh peternakan sapi tersebut per 1 ekor sapi mengeluarkan kotoran rata-rata 40 kg sedangkan dari makanannya dari 60 kg yang disediakan tersisa kurang lebih 10 kg makanan, sehingga total limbah dari peternakan per 1 ekor sapi adalah 50 kg. Total limbah yang dihasilkan perhari dari desa Kramat Jati adalah 50 kg x 2700 = 135.000 kg atau 135 ton per hari.

Pada saat ini limbah ternak sapi tersebut langsung di buang ke sungai hulu citarum yang membelah desa Taruma Jaya, sehingga menyebabkan air sungai tersebut sangat keruh.
Menurut keterangan masyarakat setempat pada awalnya kondisi hulu sungai menjadi sumber air minum bagi masyarakat setempat dengan cara memasang pipa-pipa yang disalurkan kerumah. Hal ini dilakukan oleh mereka karena sumber air sudah dibagi menjadi 2, yaitu untuk
keperluan pertanian, peternakan dan untuk keperluan rumah tangga.

Tindak lanjut :

1. Perlu dilakukan analisa terhadap kualitas air disekitar daerah peternakan dengan pemillihan parameter kunci;
2. Alternativ pengelolaan limbah peternakan
3. Bekerjasama dengan BPLD Bandung dan Laboratorium setempat

Informasi Lebih lanjut:
Asdep Dampak Kegiatan Rakyat
Kabid. Kehutanan dan Pertanian
Telp: 021-85911114