KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 25-26 September 2003, masyarakat desa Sinar Mulya melakukan gerakan penanaman pohon karet sebanyak 4.000 batang pohon. Lokasi gerakan ini tepatnya di Desa Sinar Mulya, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Propinsi Bengkulu. Untuk mencapai lokasi ini diperlukan 5 jam perjalanan darat, dilanjutkan dengan naik-turun gunung dengan “ojek” sejauh 5 km. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Lingkungan Hidup dengan Asosiasi Masyarakat Adat Nasional Bengkulu (AMAN-Bengkulu)

Gerakan itu didahului dengan pendidikan lingkungan secara interaktif, dan dilaksanakan di salah satu los pasar yang sedang tidak digunakan. Materi yang disampaikan berkisar pada upaya untuk mengatasi lahan kritis di lingkungan masyarakat sekitarnya. Materi pokok yang disampaikan mengenai “pertanian organik” dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada sekitar tempat tinggal. Namun metoda penyampaiannya dalam bentuk dialog. Pada kesempatan itu, masyarakat menyampaikan berbagai masalah dan aspirasi berkenaan dengan pengelolaan lingkungan, khsususnya yang menyangkut pertanian. Pertanyaan dan aspirasi yang menyangkut lingkungan hidup ditanggapi langsung oleh Asdep Urusan Masyarakat Perdesaan-LH, sedangkan yang menyangkut kebutuhan petani ditanggapi langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Pertanian dan Transmigrasi dan para Anggota DPRD Kabupaten Kaur yang menyempatkan hadir ke lokasi.

Yang menarik dari dialog ini adalah terjadinya sinergi antara masyarakat dengan pemerintah dan anggota legislatif. Dalam hal ini masyarakat meminta bantuan bibit karet, yang kemudian disanggupi oleh Kadis Hutbun Kabupaten Kaur untuk dimasukkan ke dalam RAPBD 2005 dalam bentuk program subsidi. Sementara itu, para anggota legislatif akan memasukkan ke dalam program kerja Komisi Anggaran DPRD ketika menyusun APBD 2005 yang akan datang.

Kegiatan yang sepenuhnya dilaksanakan di lapangan ini ditutup dengan pelantikan 50 orang Petani Kader Lingkungan dan penyerahan 4.000 bibit pohon karet cuma-cuma dari Kementerian Lingkungan Hidup yang diserahkan oleh Asdep Urusan Masyarakat Perdesaan, Tradisional dan Adat, Subroto, SH, dan dilanjutkan dengan menanam pohon bersama-sama.

Sumber berita:
Asdep Urusan Masyarakat Perdesaan, Tradisional dan Adat
Kementerian Lingkungan Hidup
E-mail: kalpataru@menlh.go.id