KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sorong, 5 Mei 2014. Hari ini Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, membuka Rapat Koordinasi Regional (RAKOREG) untuk wilayah Ekoregion Papua.  Rakoreg ini akan dihadiri oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Gubernur Provinsi Papua Barat, Abraham Octavianus Atururi; serta institusi lingkungan hidup, perencanaan pembangunan daerah maupun sektoral daerah, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) lingkungan hidup se-Papua, Ketua TP-PKK dan Pengurus Dharmawanita Provinsi dan Kabupaten/ Kota se-Papua dan Papua Barat, Pengurus Pramuka Kwarda Papua dan Papua Barat, BUMN dan BUMD se-Papua dan Papua Barat, Pihak Swasta. Hadir pula Majelis Rakyat Papua, Forum Kerjasama LSM Papua dan Papua Barat, World Wildlife Fund (WWF), The Nature Concervancy (TNC), Conservation international (CI) dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP).

Pada Rakoreg Papua tahun 2014 kali ini diharapkan dapat memberi gambaran dari pemetaan program dan kegiatan PPLH di Ekoregion Papua, sinkronisasi dan sinergi program tahun 2014, menetapkan prioritas program dan kegiatan beserta lokus untuk Tahun 2015, menyiapkan materi perencanaan kegiatan tahun 2015 yang akan dibahas dalam Musrenbang Nasional dan menjadi bahan utama KLH dalam penyusunan Renja 2015.
Dalam Sambutannya, Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya menyampaikan, ”Insitusi lingkungan hidup di Indonesia perlu serius mengejar ketertinggalan pencapaian sasaran nasional pengelolaan lingkungan hidup. Kita semua masih harus kerja keras untuk memastikan penyelenggaraan kegiatan efisien dan anggaran dibelanjakan dengan baik dan benar, memastikan tidak terjadi policy failure dan memastikan prinsip kepemerintahan yang baik berjalan, dan bebas isu korupsi”.

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 berakhir tahun 2014 ini, sehingga akan terjadi perubahan pemerintahan dan perlu persiapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Rencana Strategis (Renstra) KLH untuk tahun 2015-2019. Pertemuan Rapat Kerja bidang Lingkungan Hidup yang terintegrasi ini menjadi penting karena merupakan Proses penyusunan perencanaan baru jangka menengah dengan memperhatikan masukan internal dan eksternal KLH seperti Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, LSM, media, dunia usaha dan kalangan universitas.

Pada Rakoreg Papua tahun 2014 ini akan dilakukan penandatanganan kegiatan bersama antara Kwarda Gerakan Papua Barat dengan PPE Papua tentang Program Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup melalui gerakan pramuka, launching implementasi program kegiatan lingkungan dalam mata kuliah kerja nyata (KKN) sebagai wujud tindak lanjut MoU antara PPE Papua dengan Universitas Cendrawasih dan Universitas Papua oleh Menteri Lingkungan hidup, dilakukan juga penyerahan Penghargaan Adiwiyata Nasional oleh Menteri Lingkungan Hidup serta kunjungan Menteri Lingkungan Hidup ke pameran Karya Bidang lingkungan Pemda, BUMN, Dunia Usaha/ Swasta dan LSM.

Rakoreg Papua tahun 2014 ini diharapkan dapat menghasilkan laporan capaian daerah mengenai pelaksanaan SPM daerah 2009-2012, laporan pemanfaatan anggaran dekonsentrasi dan DAK 2009-2012, menyepakati usulan struktur pendanaan yang akan diajukan dalam APBD, anggaran KLH, anggaran Dekonsentrasi, anggaran Tugas Pembantuan, dan/ usulan DAK tahun 2015 serta merumuskan program bersama dalam pengembangan kapasitas PPLH di daerah.

Untuk Informasi Lebih Lanjut:
Rijaluzzaman , Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Papua,
Jl. Selat Madura No. 4 Biak, Papua, 98112
Tlp/Fax: (0981) 21347, email: ppepapuaklh@gmail.com,cc: humas.klh@gmail.com