KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

LEMBANG, KSP – Menteri Negara Lingkungan hidup Ir rachmat Witoelar mengatakan bahwa sinergitas, koordinasi dan responsivness adalah kunci keberhasilan Kementerian negara Lingkungan hidup dalam menjalankan program pembangunan bidang lingkungan hidup. Hal ini disampaikan oleh menteri pada saat pemberian pengarahan kepada eselon I, Eselon II dan Eselon III KLH dalam rapat pimpinan yang dilaksanakan di Lembang Jawa Barat beberapa waktu yang lalu.

Lebih jauh menteri mengatakan, kekompakan yang terbangun saat menyelengarakan konferensi PBB tentang perubahan iklim yang dilaksanakan akhir tahun yang lalu paling tidak sudah menggambarkan ketiga hal tersebut sehingga konferensi berjalan lancar dan telah menghasilkan Bali Road Map untuk kepentingan bumi tercinta ini dan juga menghasilkan agenda pokok untuk Indonesia yang kita namakan Rencana Aksi nasional Menghadapi Perubahan Iklim (RAP MAPI).

Oleh karena itu Rachmat mengatakan, jabarkan lebih lanjut hasil rapim terutama kelengkapan matrix dan fokuskan pada Pro Poor, Pro Growth dan Pro Job. tingkatkan terus koordinasi dan kepekaan terhadap berbagai hal yang berkaitan erat dengan tugas pokok dan fungsi KLH yang diemban oleh kita semua. Kita wajib hukumnya untuk menjaga tugas dan fungsi lingkungan hidup dalam pembangunan yang bermuara pada pembangunan berkelanjutan dalam suatu tatanan masyarakat yang sejahtera.

Sebelumnya, menteri Rachmat Witoelar mendapat laporan dari Sekretaris Menteri Ir. Arief Yuwono MA yang menjelaskan bahwa Rapim yang telah dimulai sehari sebelumnya telah menghasilkan matrix yang merupakan sinkronisasi program inter Deputi, antar Deputi dan antar Deputi-dDeputi dengan Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup Regional yang berkedudukan di Pekan Baru untuk wilayah Sumatera, Denpasar untuk Bali, NTB dan NTT. Yogyakarta untuk wilayah Jawa, Samarinda untuk Kalimantan dan Makassar untuk Wilayah Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat yang kesemuanya terwakili dalam Rapim tersebut. KSP-01

Sumber:
Koran Surya Pagi
Edisi: 24-29 Januari 2008
Hal 10