KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Bersama ini diberitahukan bahwa Kementerian Negara Lingkungan Hidup telah menyetujui Skema Sertifikasi Manajer Pengendalian Pencemaran Air (terlampir) yang diajukan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) – Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI).

Skema Sertifikasi adalah persyaratan sertifikasi spesifik yang berkaitan dengan kategori personel yang ditetapkan dengan menggunakan standar dan aturan yang khusus serta prosedur yang sama. Skema sertifikasi disusun oleh LSK sebagai pedoman mutu dalam penyelenggaraan proses sertifikasi kompetensi bagi Manajer Pengendalian Pencemaran Air (MPPA). Tercakup didalamnya adalah penjelasan mengenai

- Definisi dan lingkup
- Standar kompetensi
- Makna sertifikat keahliannya serta kewajiban pemegang sertifikat
- Mekanisme sertifikasi
- Komponen biaya
- Pemeliharaan kompetensi
- Mekanisme pengaduan
- Sanksi
- Organisasi pelaksana sertifikasi kompetensi : IATPI
- Pengelolaan informasi
- Pelaporan dan evaluasi

Skema Sertifikasi tersebut telah merujuk pada PERMENLH Nomor 03 / 2009 Tentang Sertifikasi Kompetensi dan Standar Kompetensi Manajer Pengendalian Pencemaran Air (MPPA). Penerapan skema ini secara nasional dimulai pada tanggal 1 Februari 2010.

Skema sertifikasi MPPA secara nasional tersebut merupakan peningkatan dari program sertifikasi EPCM (Environmental Pollution Control Manager) yang dilaksanakan oleh Pemprov Jawa Barat sejak 2004, dengan supervise Dep. Perindustrian dan KLH. Saat ini program sertifikasi tersebut juga telah terlaksana di di Provinsi Jawa Tengah. Provinsi Jawa Timur, DKI Jakarta dan Banten sedang menyiapkan program serupa diwilayahnya masing – masing. Skema Sertifikasi MPPA juga dapat diikuti oleh industri, asosiasi industri, dan pihak lain yang berkepentingan.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :
1. Asisten Depute Urusan Standarisasi, Teknologi dan Produksi Bersih Gd. A Lt. 6, JI. D.I. Panjaitan Kay. 24, Kebon Nanas
Jakarta Timur – 13410
Telp./Fax. : 021 – 85906167
E-mail : kompetensilingkungan@yahoo.co.id
2. Ikatan Ahli Teknik Penyehatan dan Teknik Lingkungan Indonesia (IATPI) Gedung Senayan Trade Center Lt.1 No. 21 dan 22
31. Asia Afrika Pintu IX Gelora Senayan, Jakarta Pusat
Telp. / Fax. : 021 – 57931904
E-mail : sekretariat@iatpi.org