SMAN 1 Depok menangkan Program Eco Youth ke 7

REMAJA INDONESIA PEDULI LINGKUNGAN JAKARTA — Tujuh bulan setelah memasuki kontes perbaikan lingkungan hidup dalam program Eco Youth, SMAN 1 Depok dinobatkan menjadi Pemenang Utama menyisihkan 15 sekolah lain dari kota besar di Indonesia. Sebagai pemenang, SMAN 1 Depok berhak mendapatkan hadiah berupa dukungan finansial untuk membeli peralatan sekolah senilai seratus dua puluh lima juts [...]

19 Mar 2012 05:11 WIB

REMAJA INDONESIA PEDULI LINGKUNGAN
JAKARTA — Tujuh bulan setelah memasuki kontes perbaikan lingkungan hidup dalam program Eco Youth, SMAN 1 Depok dinobatkan menjadi Pemenang Utama menyisihkan 15 sekolah lain dari kota besar di Indonesia. Sebagai pemenang, SMAN 1 Depok berhak mendapatkan hadiah berupa dukungan finansial untuk membeli peralatan sekolah senilai seratus dua puluh lima juts rupiah serta piala yang diserahkan langsung oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Balthasar Kambuaya yang didampingi oleh Presiders Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Masahiro Nonami, dalam acara Pengumuman Pemenang dan Pameran Program Eco Youth 7 di Cilandak Town Square — Jakarta Selatan.

Program  Eco Youth 7 diikuti oleh 16 sekolah dari Medan, Palembang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Jakarta, Depok, Bandung, Semarang, Surabaya, Mojokerto, Denpasar, Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar dan Jayapura. Kemenangan SMAN 1 Depok diraih berkat kemampuan mereka untuk memenuhi kriteria utama penjurian Program Toyota Eco Youth 7 berupa:

  1. Implementasi 3R + 1 R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replant) dalam area sekolah.
  2. Implementasi 5 aspek manajemen lingkungan yang terdiri dari sosialisasi program di dalam dan di luar lingkup sekolah, keberadaan peraturan lingkungan hidup di sekolah, adanya lembaga lingkungan dalam struktur organisasi sekolah, pengembangan teknologi ramah lingkungan, dan sokongan dana.
  3. Kurikulum sekolah mengandung muatan lingkungan hidup.
  4. Menjalankan program kesadaran lingkungan hidup bagi komunitas di sekitar sekolah. Kriteria penjurian ini dimaksudkan untuk menimbulkan kontinuitas program serta efek domino untuk peningkatan kesadaran dan kepedulian akan lingkungan hidup.

Salah satu proyek unggulan SMAN 1 Depok adalah upaya Konservasi Situ Lio di Depok. Para siswa bersama dengan Guru dan bekerjasama dengan Jurusan Biologi salah satu Universitas terkemuka di Indonesia membuat daftar inventaris beragam flora dan fauna yang terdapat di Situ. SMAN 1 Depok juga menjadikan ekosistem Situ Lio sebagai materi muatan lokal di sekolah. Kemudian untuk melindungi ekosistem Situ Lio, SMAN 1 Depok terjun langsung ke masyarakat di sekitar Situ untuk memberi pengertian dan bimbingan atas pentingnya Situ Lio serta cara pemeliharaannya. Saat ini SMAN 1 Depok dan masyarakat sekitar bersama-sama menjaga Situ Lio, agar bebas dari sampah.

Daftar pemenang program Eco Youth Toyota ke-7 adalah: 1. pemenang Pertama, SMAN 1 Depok. 2. Pemenang Kedua, SMKN 1 Pungging Mojokerto. 3. Pemenang ketiga,  SMAN 21 Makassar.

Selain kontes perbaikan lingkungan hidup, saat ini program Eco Youth telah berhasil menelurkan 8 Sekolah Model untuk Pembelajaran Lingkungan yang tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi. Sekolah-sekolah ini berfungsi sebagai pusat penyebaran kesadaran lingkungan hidup balk bagi sekolah lain maupun bagi masyarakat umum. Saat ini, kedelapan Sekolah Model untuk Pembelajaran Lingkungan telah menerima banyak kunjungan dan undangan tidak hanya dari kota masing-masing, namun juga dari negara lain. Pembentukan Sekolah Model untuk Pembelajaran Lingkungan merupakan tujuan akhir dari program Eco Youth. Toyota Indonesia menyumbangkan Galeri dan Perpustakaan Lingkungan Hidup bagi sekolah yang berhasil meraih predikat Sekolah Model untuk Pembelajaran Lingkungan Hidup.

Masahiro Nonami, mewakili manajemen Toyota Indonesia, memuji komitmen para peserta program Eco Youth Toyota ke 7, “Saya sangat bangga pads 16 sekolah peserta yang berperan aktif dalam mengembangkan proyek perbaikan lingkungan hidup, serta pads 8 sekolah model untuk pembelajaran lingkungan yang meneruskan komitmen mereka di bidang pembelajaran dan aktivitas ramah lingkungan.”

Program Eco Youth dijalankan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Toyota-Antra Motor (TAM) sebagai salah satu bentuk kepedulian akan lingkungan hidup dari Toyota di Indonesia. TMMIN dan TAM bekerja sama dengan Yayasan Kirai Indonesia dan didukung penuh oleh jaringan Dealer Toyota di Indonesia. Sejak awal program di tahun 2005 hingga kini, Toyota Eco Youth telah melibatkan lebih dari 355 sekolah yang tersebar di 16 kota besar di Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, mohon hubungi.

Irwan Priyantoko / Nia / Ika Corporate Public Relations External Affairs Division

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Tel : (021) 651 5551 ext. 2727

Fax : (021) 652 1587

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı