KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 16 Juli 2003 telah berlangsung Sosialisasi Jabatan Fungsional Pengendalian Dampak Lingkungan di Hotel Merpati, Pontianak – Kalimantan Barat. Acara yang diprakarsai oleh Bapedalda Propinsi Kalimantan Barat ini bertujuan dalam rangka pengembangan SDM Lingkungan Hidup (baik yang berada pada instansi pengelolaan lingkungan hidup propinsi/kabupanten/kota maupun instansi terkait lainnya) melalui Jabatan Fungsional Pengendalian Dampak Lingkungan. Acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari ini, dihadiri oleh sekitar +/- 40 peserta yang berasal dari instansi terkait lainnya yang berada di Propinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan diawali dengan laporan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Propinsi Kalimantan Barat (Drs. Idris M. Su’ud, M.Si) selaku pihak penyelenggara, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan Sekretaris Daerah Propinsi Kalimantan Barat (yang diwakili oleh Asisten Sekda Bidang Ketataprajaan) dan sekaligus membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut. Acara selanjutnya adalah paparan mengenai pembinaan karier PNS oleh Kasubdit. Pengembangan Karier – BKN (Bpk. Prasetyono, SH), dilanjutkan dengan paparan tentang kebijakan KLH dalam Pengembangan SDM Lingkungan Hidup melalui Jabatan Fungsional Pengendalian Dampak Lingkungan dan Angka Kreditnya oleh staf Asdep Urusan Pengendalian Kapasitas Kelembagaan Lingkungan Hidup (Asdep 2/I) Bidang SDM – KLH. Mengingat acara ini dihadiri oleh instansi pengelola lingkungan hidup kabupaten/kota maupun instansi terkait lainnya yang berada di Propinsi Kalimantan Barat, maka hal ini dimanfaatkan pula untuk sosialisasi Kewenangan Wajib dan Standar Pelayanan Minimal oleh Asdep 2/I Bidang Kelembagaan.

Dari hasil diskusi dapat disimpulkan bahwa dalam rangka otonomi daerah dimana kelembagaan di masa mendatang dituntut untuk lebih ramping (miskin struktur tapi kaya fungsi), maka jabatan struktural akan menjadi sangat terbatas. Oleh karena itu, pengembangan karier melalui Jabatan Fungsional Pengendalian Dampak Lingkungan ini mendapatkan respon yang amat positif, hal ini tercermin dengan begitu antusiasnya para peserta dalam bertanya mengenai Jabatan Fungsional Pengendalian Dampak Lingkungan. Bahkan di lingkungan Pemda Propinsi sudah ada beberapa orang yang menyatakan minatnya untuk masuk ke dalam jabatan Fungsional PEDAL.

Informasi Lebih Lanjut:
Asisten Deputi Urusan Pengendalian Kapasitas Kelembagaan Lingkungan Hidup (Bidang SDM)
Jl. D.I. Panjaitan Kav.24, kebon Nanas. jakarta 13410
Telp. (021) 85907085