Sosialisasi Program ADIWIYATA Se-Jawa

Pada tahun 2006, Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) mencanangkan program ADIWIYATA, yaitu ajang kompetisi antar sekolah (SD, SLTP, SLTA) dalam mewujudkan kawasan sekolah yang berwawasan lingkungan. Program ini bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya). Sasaran program ini adalah pemberdayaan sekolah-sekolah baik [...]

28 Mar 2006 11:59 WIB

Pada tahun 2006, Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) mencanangkan program ADIWIYATA, yaitu ajang kompetisi antar sekolah (SD, SLTP, SLTA) dalam mewujudkan kawasan sekolah yang berwawasan lingkungan.

Program ini bertujuan menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah (guru, murid dan pekerja lainnya). Sasaran program ini adalah pemberdayaan sekolah-sekolah baik SD, SLTP, atau pun SLTA/Sederajat (SMK) dalam pelaksanaan dan pengembangan pendidikan lingkungan hidup. Diharapkan warga sekolah tersebut dapat turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan dikemudian hari.

Dalam rangka sosialisasi program ADIWIYATA tersebut, di Yogyakarta pada tanggal 9 Maret 2006 telah dilaksanakan pertemuan antara KNLH dengan wakil Dinas Pendidikan dan BPLHD Provinsi Jabar, Bapedal Provinsi Banten, BPLHD DKI Jakarta, Dinas Pendidikan Jateng, BAPEDALDA Jateng, Dinas Pendidikan DIY, dan Bapedal Provinsi D.I. Yogyakarta, serta Bapedal Provinsi Jawa Timur. Sosialisasi difasilitasi oleh Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) Regional Jawa, yang berkedudukan di Yogyakarta

Sosialisasi program ADIWIYATA di Yogyakarta ini dilanjutkan di 5 Provinsi se-Jawa yaitu :
1. Jawa Barat, 17 Maret 2006, dihadiri oleh 50 peserta.
2. Banten, 21 Maret 2006, dihadiri oleh 50 peserta.
3. D.I. Yogyakarta, 22 Maret 2006, dihadiri oleh 56 peserta.
4. Jawa Timur, 23 Maret 2006, dihadiri oleh 72 peserta, dan
5. DKI Jakarta, 24 Maret 2006, dihadiri oleh 39 peserta.

Pada umumnya, sosialisasi lanjutan tersebut diikuti oleh peserta yang datang dari wakil Sekolah, Dinas Pendidikan, dan Dinas/Instansi Lingkungan Hidup dari Kabupaten/Kota.

Para peserta menyatakan bahwa pada prinsipnya mendukung “Program ADIWIYATA” tersebut karena kegiatan serupa telah dilaksanakan di daerah masing-masing selama ini. Di Bandung (Jawa Barat), telah dikenal dengan nama Eco School, di Banten dan DKI Jakarta dengan Green School, di Yogyakarta dengan Sekolah Berwawasan Lingkungan. Sementara itu, di Surabaya (Jawa Timur) telah dilakukan kegiatan yang mengarah pada “Program ADIWIYATA”.

Menanggapi kondisi seperti itu, Kepala Bidang Edukasi Lingkungan, Johny P. Kusumo menegaskan bahwa melalui “Program ADIWIYATA” ini diharapkan kegiatan-kegiatan atau proses pendidikan yang terkait dengan masalah lingkungan hidup yang selama ini telah ada dapat lebih terstruktur dan melembaga.
Sebelum dilaksanakan secara Nasional tahun 2007, program ADIWIYATA pada tahun ini akan dilakukan uji coba di wilayah Jawa yang terdiri dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur

“Dalam Program ADIWIYATA ini, kepada sekolah yang dinilai telah peduli dan berbudaya lingkungan akan diberikan penghargaan dari Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional terhadap” demikian ditegaskan Asisten Deputi Urusan Edukasi dan Komunikasi Lingkungan, Doddy Poetranto.

.

Informasi lebih lanjut :`

Asisten Deputi Urusan Edukasi dan Komunikasi Lingkungan
Deputi VI, Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Gd. B Lantai 6, Jl. D.I. Panjaitan Kav. 24 – Kebon Nanas
Jakarta Timur
Telp/Fax : 021-8517184

website : www.menlh.go.id/adiwiyata
email : adiwiyata@menlh.go.id

Kerjasama

  • Luar Negeri
  • Dalam Negeri
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
    • sponsor
Sex izle Film izle Hd Film izle Seo Danışmanı