KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 23 Juli 2003 telah diselenggarakan sosialisasi Program Bangun Praja bagi Pimpinan Pemerintah Kota/Kabupaten dalam Wilayah Jawa dan Kalimantan yang dipimpin oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Kalpataru Kementrian Lingkungan Hidup, dan dihadiri oleh 23 Kabupaten/Kota yang akan berpartisipasi dalam Program Bangun Praja mulai tahun 2003 yaitu Kab. Sukabumi, Depok, Kab. Bogor, Cimahi, Kab. Sragen, Kab. Kudus, Kab. Demak, Kab. Sidoarjo, Kab. Gresik, Kab. Bojonegoro, Kab. Pasuruan, Kab. Banjar, Kab. Kutai, Singkawang, Kab. Karanganyar, Kab. Kendal, Kab. Pekalongan, Kab. Lumajang, Kab. Lamongan, Mojokerto, Banjar Baru, Kab. Sanggau, dan Tarakan.

Sosialisasi tersebut diawali paparan mengenai Program Bangun Praja oleh Deputi II KLH dan dilanjutkan dengan diskusi.

Diskusi berlangsung hangat, bukan hanya mengenai Program Bangun Praja juga hal-hal lain berkenaan dengan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten/Kota. Pemerintah Kabupaten/Kota banyak menyoroti masalah otonomi daerah di bidang lingkungan hidup yang dianggap masih setengah hati terutama berkaitan dengan pengelolaan hutan dan air bawah tanah. Selain itu terungkap juga berbagai konflik kepentingan di daerah antara kebutuhan ekonomi dengan pengelolaan lingkungan hidup terutama daerah yang padat industri. Tenaga kerja dan krisis ekonomi dijadikan alasan para pengelola kegiatan untuk menghindarkan diri dari kewajiban mengelola lingkungan.

Berkaitan dengan Program Bangun Praja, Pemerintah Kabupaten/Kota mengharapkan sosialisasi program ini ke tingkat yang lebih teknis dengan melibatkan seluruh dinas instansi di daerah dan sosialisasi kepada masyarakat sejak awal sehingga tumbuh rasa memiliki di kalangan masyarakat pada program ini.

Untuk Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi :

Asdep Urusan Wilayah Jawa dan Kalimantan
Gedung B, lt. 4
Jl. DI. Panjaitan Kav. 24, Kebon Nanas
Jakarta Timur
Telp./Fax : 85904933