KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

bantuansolok.jpgMasih segar ingatan kita akan banjir besar di Jakarta awal Februari yang lalu, serta di wilayah lain di Indonesia sepanjang bulan Februari-Maret 2007, YME kembali menunjukkan Kuasa-Nya dengan terjadinya gempa bumi di Sumatera Barat pada Selasa 6 Maret 2007. Kota Padang Panjang, Bukittingi, Tanah Datar, Agam , termasuk daerah terparah, selain Kota Solok dan Kabupaten Solok yang diguncang gempa berkekuatan 5,8 – 6,3 SR dengan episentrum berkedalaman 33 km. Guncangan gempa juga merata dirasakan warga di Sumatera Barat.

Korban pun berjatuhan: Lebih dari 70 jiwa meninggal dunia, ratusan orang lainnya luka-luka ringan sampai berat, puluhan ribu rumah penduduk, ribuan bangunan fasilitas umum rusak dan hancur. Kenyataan inilah yang kemudian mengetuk hati staf KLH.

gempasolok2.jpgTanggal 13 Maret yang lalu, segera dikirimkan uang sejumlah Rp 3.500.000,- ke Korong Rimbo Panjang yang terletak di Nagari Sumani, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok . Desa yang dihuni oleh sekitar 120 kepala keluarga dengan mata pencaharian sebagian besar bekerja sebagai petani, pedagang, sopir dll, luluh lantak diguncang gempa hingga meminta 1 korban jiwa. Sebagian besar rumah rusak berat, bahkan hancur total.

Uang tersebut kemudian disalurkan dalam bentuk paket bantuan sejumlah 120 paket untuk masing-masing KK, terdiri dari :

NO

URAIAN

JUMLAH

SATUAN

Ket

1

Minyak Goreng

1

Liter

 

2

Ikan Kaleng

1

Kaleng

 

3

Telor Ayam Negeri

8

Butir

 

4

Mi Instan

4

Buah

 

5

Susu SGM 1

1

Buah

Anak 0-6 Bln

6

Susu SGM 2

1

Buah

Anak 6 bln – 3 tahun

7

Susu Indomilk Coklat

1

Kaleng

Lansia

8

Sabun Mandi

1

Buah

 

9

Sabun Cuci

1

Buah

 

10

Pasta Gigi

1

Buah

 

11

Sikat Gigi

1

Buah

 

gempasolok.jpgBantuan diberikan langsung oleh staf Deputi VI KLH yang juga mengalami musibah gempa. Sampai bantuan dari KLH ini disalurkan masyarakat masih trauma karena masih adanya gempa-gempa susulan. Masyarakat masih tinggal di tenda-tenda yang dibuat secara swadaya dan ktivitas warga belum berjalan sebagaimana biasanya.

Semoga bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban mereka. Terima kasih diucapkan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini. (srs)

Informasi lebih lanjut :
srs@menlh.go.id