KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Jakarta, 4 Mei 2014. Kementerian Lingkungan Hidup terlibat aktif dalam pameran “4th Indonesia Climate Change Education & Forum” (ICCEFE ke 4) yang diadakan pada 1 – 4 Mei 2004 di Assembly Hall Jakarta Convention Center. Pameran dan Forum Edukasi tahun ini bertemakan “Peran Perempuan dan Pemuda dalam Solusi Perubahan Iklim”.

Pameran yang dibuka oleh Plt. Sekertaris Menteri Lingkungan Hidup, Drs. Karliansyah MS yang mewakili Menteri Negara Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA yang berhalangan hadir. Dalam kata sambutannya Plt. Sekertaris Menteri mengungkapkan peran-peran yang telah dilakukan oleh KLH lewat Unit-unit Adaptasi dan Mitigasi. Peraturan dan Perjanjian internasional yang membahas mengenai perubahan iklim. Oleh sebab itu Kementerian Lingkungan Hidup menyambut baik kegiatan berupa promosi solusi perubahan iklim yang dilaksanakan oleh pemangku kepentingan, sekaligus wadah tukar menukar informasi mengenai berbagai upaya yang ada.

Ditambahkan  lagi, “Forum menjadi sumber informasi untuk menambah kesadaran dan pemahaman tentang perubahan iklim,” ujar Karliansyah dalam pidato pembukaan ICCEFE ke-4 pagi ini.  Pada acara pembukaan juga dihadiri mewakili Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang memberi sambutan bahwa Anak dan Perempuan sangat rentan terhadap dampak perubahan iklim.

Sedangkan koordinator Divisi Komunikasi, informasi, dan edukasi, Amanda Katili Niode menyatakan tema kali ini yaitu “Peran Perempuan dan Pemuda Dalam Solusi Perubahan iklim” adalah suatu pilihan untuk merespon kebijakan pengarus utamaan gender dalam adaptasi perubahan iklim di dalam kerangka kerja untuk menjawab tantangan yang dihadapi Indonesia dalam menyikapi perubahan iklim.

Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen pada tahun 2020 dengan upaya nasional dan 41 persen dengan bantuan pendanaan internasional. Komitmen tersebut dituangkan dalam Perpres dituangkan dalam Perpres No. 61 Tahun 2011, tentang Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah kaca (RAN-GRK).

Pada pameran kali ini Stan Kementerian Lingkungan Hidup menjuarai kedua kategori pemerintah. KLH sendiri sudah dua kali memenangkan stan yang berkesesuaian dengan tema pameran. Penyerahan hadiah sendiri diberikan oleh Pimpinan Eksekutif  DNPI Rachmad Witoelar yang menutup acara pameran ICCEFE ke 4 yang diadakan oleh Dewan nasional perubahan Iklim. Stan KLH sendiri menghadirkan Unit-Unit Pemberdayaan yang menghadirkan Saka Kalpataru, Adaptasi, Mitisasi,  Keanekaragaman hayati, Sampah dan Peraturan Per-undang-undangan. Bekerja sama dengan GIZ Jerman yang mengedukasi lewat lukisan anak-anak. (Ry)

Informasi lebih lanjut:
Asdep Komunikasi Lingkungan
dan
Koordinator Divisi Komunikasi, Informasi dan Edukasi DNPI.