KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pada tanggal 27 April 2005 Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui Keputusan Kepala BSN No: 37/KEP/BSN/04/2005 telah mengesahkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 19-19011-2005 tentang Panduan audit sistem manajemen mutu dan/atau lingkungan, dan meng-abolisi 6 SNI yang terkait dengan audit mutu/lingkungan:

– SNI 19-10011.1-1995 Pedoman audit sistem mutu – Bagian 1: Audit
– SNI 19-10011.2-1995 Pedoman audit sistem mutu – Bagian 2: Kriteria kualifikasi auditor sistem mutu
– SNI 19-1011.3-1995 Pedoman audit sistem mutu – Bagian 3: Manajemen program audit
– SNI 19-14010-1997 Pedoman audit lingkungan – Prinsip umum
– SNI 19-14011-1997 Pedoman pengauditan ingkungan – Prosedur audit – Pengauditan sistem manajemen lingkungan
– SNI 19-14012-1997 Pedoman audit lingkungan – Kriteria kualifikasi untuk auditor lingkungan

SNI 19-19011-2005 merupakan adopsi sepenuhnya dari Standar Internasional ISO 19011. Bahan Rancangan SNI tersebut disusun oleh Panitia Teknis SNI Manajemen Lingkungan yang dikoordinasikan Deputi VII KLH, dan selanjutnya dibahas bersama dengan Panitia Teknis SNI Manajemen Mutu yang dikoordinasikan oleh BSN. Walaupun judul SNI 19-19011-2005 tersebut adalah Panduan audit sistem manajemen mutu dan/atau lingkungan, namun prinsip dan prosedur audit tersebut juga berlaku untuk audit lingkungan yang bersifat sukarela maupun yang diwajibkan oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup. SNI 19-19011-2005 adalah sebagaimana terlampir.

Untuk memfasilitasi berbagai pihak yang berkepentingan dengan informasi mengenai penyedia jasa terkait dengan pelaksanaan SNI audit versi baru tersebut, kami melakukan inventarisasi personil-personil yang telah melakukan sertifikasi/registrasi sebagai auditor lingkungan dan/atau auditor sistem manajemen lingkungan di berbagai lembaga sertifikasi/registrasi di dalam dan luar negeri, beserta dengan rekaman kualifikasi kompetensinya. Mohon agar para penyedia jasa profesional untuk audit lingkungan maupun audit sistem manajemen lingkungan dapat menyampaikan informasi yang mutakhir untuk keperluan inventarisasi tersebut kepada Asdep Urusan Standarisasi dan Teknologi, KLH melalui phone/fax: 85906167 atau 8584638 atau email: standtek@menlh.go.id, paling lambat akhir Juni 2005. Sekiranya diperlukan penjelasan lebih lanjut, mohon agar menghubungi Asdep Urusan Standarisasi dan Teknologi.”