KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

studibanding_sambas.jpgJumat, 23-24 November 2006. Pemda Kabupaten Sambas Kalimantan Barat yang terdiri dari Kepala Dinas LH  beserta staf dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas beserta staf yang berjumlah 5 orang difasilitasi Tim KLH terdiri dari Kabid Edukasi, Kasubid Kajian dan Materi dan Staf Edukasi melakukan Studi Banding untuk mewujudkan pelaksanaan Program Adiwiyata secara Nasional pada tahun 2007 untuk Kabupaten Sambas. Acara Kunjungan  dimulai dengan peninjauan serta diskusi ke Sekolah Dasar CITRA ALAM Ciganjur.  Sekolah CITRA ALAM ini pada tahun 2006 telah ditetapkan sebagai Sekolah Model  Adiwiyata.

Siangnya Tim Pemda Sambas berkunjung ke Kebun Karinda yang merupakan Taman berwawasan lingkungan yang dimanfaatkan sebagai kebun pembibitan dan pengomposan. Kebun Karinda ini diprakarsai dan dikelola oleh bapak Djamaludin Suryohadikusumo. Lokasi Taman Karinda berada di Bumi Karang Indah (Karinda) Blok C-2 No.28 komplek perumahan di Lebak Bulus, Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan.

Kunjungan ke Kuningan/Jawa Barat.

studi_banding_sambas.jpgSetelah melakukan peninjauan ke dua  tempat tim/rombongan melanjutkan perjalanan ke SMAN MANDIRANCAN Kuningan – Jawa Barat yang mana sekolah ini juga merupakan salah satu sekolah Model Adiwiyata. Dalam kunjungan  ke sekolah SMAN MANDIRANCAN yang dilakukan pada hari Jumat pagi  24 November 2006, kami disambut oleh wakil dari Kepala Dinas LH Kuningan dan Kepala Dinas Pendidikan serta Camat Mandirancan dan guru-guru sekolah yang dilanjutkan dengan penjelasan dan diskusi tentang Program Adiwiyata di SMAN MANDIRANCAN.

Dalam kunjungan tersebut Kepala Dinas LH dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas menyambut sangat baik dan antusias untuk mengadopsi keberhasilan dua tempat tersebut diatas yang akan diterapkan pada sekolah-sekolah di Kabupaten Sambas dalam Program Adiwiyata tahun 2007 nanti.

Sumber:

Asdep Edukasi dan Komunikasi Lingkungan
Deputi VI, Gedung B Lantai 5 KLH
Jl. D.I.Panjaitan Kav.24 Kebon Nanas
Jakarta Timur 13410
Tilp: 021-8517184,
email: adiwiyata@menlh.go.id