KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Peringatan hari lingkungan hidup dunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni dalam setiap tahunnya diharapkan dapat mengingatkan kita semua akan kondisi lingkungan yang semakin hari menunjukan keprihatinan akan keberlanjutan kehidupan di masa yang akan datang. Oleh karenanya peringatan hari lingkungan merupakan momentum yang dapat dijadikan spirit kita, dalam membangun lingkungan hidup yang lebih baik di masa mendatang.

Pada tanggal 8 Juni 2006, Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) bersama Pemerintah Propinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Pesisir Selatan, menyelenggarakan peringatan hari lingkungan hidup dunia di tingkat pemerintah daerah. Peringatan hari lingkungan hidup yang dikemas dalam satu agenda kegiatan, di dahului dengan pengkaderan lingkungan masyarakat Nagari Salido, Kecamatan Jurai IV, Kabupaten Pesisir Selatan yang diselenggarakan pada dua hari sebelumnya. Kegiatan kemudian di lanjutkan dengan penanaman pohon multi fungsi bersama masyarakat di areal lahan kritis pada lokasi yang sama sebanyak 1.700 bibit pohon di hari berikutnya.

Peringatan yang dihadiri oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, seluruh Bupati dan Walikota se-Sumatera Barat, pejabat KNLH, Pemerintah Daerah Propinsi dan Kabupaten, merupakan acara puncak Hari Lingkungan Hidup. Dengan mengambil lokasi di Pantai Cerocok, Kabupaten Pesisir Selatan, dalam peringatan itu sekaligus dilakukan penyerahan penghargaan Kalpataru, PROPER, Kader Lingkungan sebagai bentuk apresiasi pemerintah bagi beberapa kalangan yang telah memberikan kepeduliannya terhadap pengelolaan lingkungan yang lestari. Di samping Deklarasi Kaukus Lingkungan Perempuan dan Kaukus Lingkungan Anggota Legislatif Daerah Sumatera Barat.

Untuk informasi lebih lanjut :
ASDEP PERDESAAN DEPUTI VI
Gedung B Lt. V
Telp/fax : 021-8580087
E-mail: g-ristanto@yahoo.com