KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

sumbanganbanjirweb.jpgBanjir besar yang menenggelamkan sebagian besar Jakarta awal Februari yang lalu, telah membangkitkan rasa kepedulian dan keinginan untuk berbagi dari staf Kementerian Negara Lingkungan Hidup. Hambatan untuk bertemu secara fisik, karena kantor KLH juga termasuk yang mengalami banjir, tidak menyurutkan niat untuk segera membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir.

Melalui telepon, HP maupun SMS disusun rencana untuk mengirim bantuan emergency, utamanya kepada staf dan karyawan KLH yang bermukim di perumahan Setneg Ciledug, Tangerang serta warga di sekitar kantor KLH di Kelurahan Kebon Nanas, Jakarta Timur. Tanpa diduga sumbangan segera mengalir dari staf KLH termasuk dari unit kerja yang berada di Serpong dan Pusat PLH Regional Jawa di Yogyakarta  Bantuan berupa lauk siap saji, pakaian dalam, handuk, air minum segera dikirimkan kepada warga perumahan komplek Setneg Ciledug, Tangerang pada hari Sabtu, 4 Februari 2007.

Selanjutnya, bekerjasama dengan BEM Trisakti, sumbangan juga disalurkan ke warga RT 09 dan 12 RW 06 kampung Jembatan di kelurahan Cipinang Besar Selatan, JatinegaraKebon Nanas, Jakarta Timur. Banjir  yang telah surut menyebab warga pulang ke rumah masing-masing dan dapat menyediakan sebagian dari keperluan mereka. Untuk itu sumbangan disalurkan dalam bentuk handuk, sanitary kit (sikat gigi, pasta gigi, sabun mandi dll) dan  makanan bayi. Namun hujan yang kembali mengguyur Jakarta, menyebabkan permukaan air kembali naik dan memaksa warga mengungsi. Maka, makananlah yang paling dibutuhkan warga pada saat itu, untuk itu sumbangan diberikan dalam bentuk beras, susu dan lauk siap saji. 

sumbanganbanjir2web.jpgSetelah banjir usai, maka tiba waktunya untuk kembali ke kehidupan normal, orang tua kembali bekerja dan anak-anak kembali ke sekolah yang telah mereka tinggalkan lebih dari seminggu lamanya. Untuk meringankan beban orang tua, maka sumbangan diberikan dalam bentuk peralatan sekolah  serta 1 stel pakaian seragam.

Bertempat di lobby Gedung B lantai 2 Kementerian Negara Lingkungan Hidup, pada tanggal 26 Februari yang lalu, 150 paket peralatan sekolah (terdiri dari tas, buku tulis 1 lusin, pinsil 6, rautan,penggaris dan pena) dan 110 stel seragam diserahkan Bapak Ir Arief Yuwono, MA, Sekretaris Menteri Negara Lingkungan Hidup secara simbolis kepada 5 murid SD dan SMP sebagai perwakilan.

Penyerahan ini disaksikan oleh beberapa pejabat KNLH, pengurus BEM Trisakti, perwakilan Karang Taruna, perwakilan orang tua murid dan staf KLH. (srs)

Informasi lebih lanjut :

eka_sari@menlh.go.id
srs@menlh.go.id