Kementerian Lingkungan Hidup

Republik Indonesia

Jakarta, 4 Februari 2004 — Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) bekerja sama dengan Pemerintah Jepang melalui The New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) mengadakan “Industry Joint Seminar on Technology Diffusion in ASEAN and Small Island States of the Pacific Region” (seminar yang melibatkan Industri dengan tema Aplikasi Teknologi di kawasan ASEAN dan Negara-negara Kepulauan Kecil di Wilayah Pasifik). Seminar ini bertujuan untuk membantu negara-negara berkembang termasuk Indonesia dalam mengembangkan Teknologi Ramah Lingkungan di sektor industri.

Teknologi Ramah Lingkungan merupakan salah satu upaya untuk mengurangi semakin meningkatnya emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer yang diyakini telah mempengaruhi sistem iklim bumi dan dapat membahayakan kondisi kehidupan di muka bumi. Demi tercapainya pembangunan berkelanjutan, sangatlah diharapkan setiap upaya untuk mengurangi emisi-emisi GRK dari sumber-sumber yang berpotensi mengemisikan GRK seperti industri maupun transportasi.

Seminar ini merupakan peluang bagi industri di kawasan ASEAN dan negara-negara kepulauan kecil di wilayah Pasifik, termasuk Indonesia untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan dalam upaya pengurangan emisi GRK, terutama melalui teknologi yang ramah lingkungan dan rendah emisi GRK.

Pengembangan Teknologi Industri Ramah Lingkungan adalah bagian dari kegiatan Climate Technology Initiative (CTI) yang dikoordinir oleh NEDO. Di Indonesia, KLH melalui Deputi MENLH Bidang Pelestarian Lingkungan bertindak sebagai National Focal Point untuk Perubahan Iklim sangat mendukung setiap kegiatan yang tujuannya mengurangi emisi CO2 seperti energi terbarukan, efisiensi energi, energi bersih serta teknologi industri yang ramah lingkungan.

Seminar ini akan berlangsung selama 2 hari (4 – 5 Februari 2004) di Hotel Nikko, Jakarta. Topik yang akan dibicarakan antara lain adalah Pandangan Pemerintah Terhadap Strategi Teknologi Energi Bersih, Kerjasama Negara Maju Dengan Negara Berkembang di Sektor Swasta dan Penggalangan Dana Bantuan untuk Pelaksanaan Teknologi Ramah Lingkungan. Seminar ini akan dihadiri kurang lebih 200 peserta yang terdiri dari peserta dari dalam dan luar negeri, pakar, NGO dan stakeholders.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai “Industry Joint Seminar on Technology Diffusion in ASEAN and Small Island States of the Pacific Region”, silakan menghubungi:
Ir. Gunardi
Asisten Deputi Urusan Atmosfer dan Perubahan Iklim
Telp : 021-851 7164
Email : gunardi@menlh.go.id