KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

magelang_jateng.jpgDeputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat menyelenggarakan Temu Kader LH Masyarakat Tradisional dan Adat Poros Tengah Pulau Jawa ke III pada tanggal 11-13 Agustus 2008 di  Desa Sambak, Kabupaten Magelang. Temu Kader ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti temu kader LH ke II di Kota Bandung tanggal 19-21 Pebruari 2008 bulan yang lalu. Kegiatan ini dilaksankan  dalam upaya meningkatkan kapasitas kader LH baik SDM maupun kelembagaan sehingga mempunyai posisi tawar yang tinggi.
Adapun tujuan dilaksanakannya temu kader ini antara lain meningkatkan kapasitas kelembagaan kader LH tingkat regional poros tengah Pulau Jawa dalam mengatasi permasalahan LH, mendorong tersusunnya PERDES  pengelolaan SDA dan pelestarian LH yang mengacu pada peraturan perundangan dan kearifan lokal.

Peserta pertemuan Kader LH ke III ini sekitar 50 orang, mereka adalah perwakilan dari: daerah Hulu DAS Ciliwung Kab. Bogor, Hulu DAS Cimanuk Kab. Garut, Hulu DAS Citarum Kab. Sumedang, Hulu sub DAS Serayu/Lereng Gunung Slamet Kab. Banyumas, Hulu sub DAS Serayu/Dataran Tinggi Dieng Kab. Wonosobo dan Kab. Banjarnegara, Hulu DAS Bogowonto Kab. Purworejo, Hulu DAS Progo/Lereng Gunung Sumbing, Kab. Magelang, Hulu sub DAS Bengawan Solo/Lereng Gunung Lawu Barat Kab. Karanganyar, Hulu DAS Jratun Seluna/Peg. Kapur Utara Kab. Boyolali, Grobogan dan Blora,  Hulu sub DAS Bengawan Solo/Lereng Gunung Lawu Timur Kab. Ngawi dan Magetan, Hulu DAS Bengawan Madiun/Lereng Gunung Wilis Kab. Madiun dan Nganjuk, Hulu DAS Brantas/Lereng Gunung Anjasmoro dan Arjuna Kab. Malang dan Batu serta Hulu DAS Sampean/Lereng Gunung Argopuro Kab. Jember.

Pada acara pembukaan Temu Kader ke III ini, dihadiri Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan, wakil dari Asdep 4/II. Asdep 5/III, Asdep 2/VI, Asdep V/VII, Bapedalda Propinsi Jawa Tengah, Dinas LH Kab. Magelang, DPKLTS, BPTH Jawa Madura serta Dinas-dinas terkait lainnya, hadir pula Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Masyarakat (Drs. Mangisara Lubis,MSi) memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara Temu Kader LH ke III dan dilanjutkan dengan diskusi mengintegrasikan forum komunikasi kader LH kabupaten/cluster dalam kelembagaan aliansi/jaringan poros tengah Pulau Jawa sebagai pembicara DR. Erfan Maryono (LP3ES), program pendanaan investasi LH bagi usaha micro kecil dan menengah/UMKM, sosialisasi dan pelatihan antara lain:pengelolaan dan pemanfaatan sampah an organik (plastik) menjadi bahan produktif yang mempunyai nilai ekonomi, pembuatan sumur resapan sederhana di kawasan konservasi, pelatihan padi SRI dan budidaya padi organik dalam pot untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dan tata cara penyusunan Perdes pengelolaan SDA dan LH yang didasarkan pada kearifan lokal. Dari serangkaian acara ini, diakhiri dengan Field Trip ke sekitar Desa Sambak antara lain: mengunjungi kampung ternak, dan melihat  pemanfaatan kotoran ternak sapi sebagai bahan Biogas.

Sebagai acara penutupan Temu Kader LH Poros Tengah P.Jawa ke III disampaikan oleh Deputi Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat dan dihadiri Bapedalda Propinsi Jawa Tengah, Dinas LH Kab. Magelang, DPKLTS, BPTH Jawa Madura Perhutani, PEMDA Kab. Magelang dan dinas-dinas terkait serta kelompok perempuan Desa Sambak/PKK.

Hasil dari Temu Kader antara lain:
Program kegiatan antara lain:
1. Menyusun rumusan mekanisme aliansi forum kader LH tingkat. Poros tengah P. Jawa dan  program kegiatan aliansi forum komunikasi kader LH tingkat.regional poros tengah P.Jawa.
2. Merancang mekanisme protokol komunikasi antar kader LH poros tengah P. Jawa  yang paling efektif.
3. Program penguatan kridit usaha bersama untuk pengembangan investasi di bidang LH
4. Merumuskan mekanisme informasi dan kerjasama antara EPW dengan kader LH di setiap kabupaten/cluster hulu DAS poros tengah P. Jawa

Dengan strategi antara lain:
1. Fasilitasi pertemuan kader LH poros tengah P. Jaw ke IV
2. Adanya kebijakan fiskal dan perbankan yang bisa memfasilitasi usaha-usaha berbasis lingkungan
3. Fasilitasi pertemuan koordinasi, sinkronisasi program kegiatan dengan Asdep terkait di KNLH serta dinas terkait di daerah (Pemda) dan instansi terkait di departemen.
4. EPW terlibat dalam pertemuan-pertemuan tahunan kader LH poros tengah P. Jawa dan Kader LH terlibat dalam pertemuan-pertemuan EPW.

Sumber:
Asisten Deputi Masyarakat Pedesaan
Telp/Fax: 021-8580087