KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Siaran pers:

Yogyakarta, 12 Desember 2003 – Pertemuan Persiapan atau PrepCom (Preparatory Committee Meeting) untuk menyelenggarakan Konperensi Nasional mengenai Pembangunan Berkelanjutan atau ISSD (Indonesian Summit on Sustainable Development), hari ini menghasilkan Kesepakatan Nasional dan Rancangan Tindak Pembangunan Berkelanjutan. PrepCom yang diselenggarakan di Yogyakarta tanggal 11 – 12 Desember 2003, dihadiri oleh unsur pemerintah dan para pemangku kepentingan yang mewakili Kelompok Utama, yaitu kelompok pemuda dan anak-anak, perempuan, petani, buruh-karyawan, pengusaha, akademisi-ilmuwan, penduduk adat – asli, pemerintah otonomi lokal, lembaga swadaya masyarakat dan budayawan-agamawan.

Kementerian Lingkungan Hidup, yang merupakan insiator, melalui koordinasi dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah, akan mem-fasilitasi penyelenggaraan ISSD yang nantinya akan diadakan pada bulan Januari 2004 di Yogyakarta. ISSD bertujuan untuk membangun kesepakatan nasional untuk melaksanakan hasil KTT Pembangunan Berkelanjutan di Johannesburg, mengarus-utamakan Pembangunan Berkelanjutan dalam kebijaksanaan nasional dan mendorong aksi nyata seluruh pemangku kepentingan melalui pola kemitraan.

Hoetomo MPA, Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup Bidang Kebijakan dan Kelembagaan Lingkungan Hidup sangat menghargai komitmen para peserta yang ditunjukkan dengan pemahaman terhadap kepentingan antar sektor dan tidak sekedar memenuhi kepentingan sektor masing-masing. “Para peserta telah bekerja keras untuk mencapai kesepakatan nasional ini, berbagai pertemuan regional, sektoral serta pertemuan kelompok utama telah diselenggarakan sejak bulan Juli tahun ini dalam rangka memperoleh masukan untuk menyempurnakan naskah Kesepakatan Nasional dan Rancang Tindak Pembangunan Berkelanjutan Indonesia�, ujar Hoetomo.

Rumusan Pertemuan Preparatory Comitte telah ditanda tangani oleh :
1. M. Sigalingging, BPN, Ketua
2. Ngurah Swajaya, Deplu, Sekretaris
3. Nur Amalia, WWF, Presenter
4. Neny Sintawardani, Kementerian Ristek, Anggota
5. Elias S Dabur, PMKRI, Anggota
6. Carolina Nitimihardjo, Depsos, Anggota
7. Simon P Messah, Setda Prop. NTT, Anggota
8. Made Astawa Rai, Kementerian PPKTI, Anggota
9. Hilda Zulkifli, Bapedalda Kota Palembang, Anggota
10. Djauhari Oratmangun, Deplu, Anggota
11. Radjimo Sastro Wijono, IPF, Anggota
12. Tejo Wahyu, Konphalindo, Anggota
13. Eko Prastowo, Lestari, Anggota
14. Dharma Sutanto, Universitas Trisakti, Anggota

Pokok-pokok kesepakatan adalah sebagai berikut :

1. Mempertegas bahwa Kesepakatan Nasional adalah kesepakatan yang bersifat Non Sektoral yang merupakan kesepakatan lintas sektor secara nasional.

2. Mempertegas pilar Pembangunan Berkelanjutan yaitu pembangunan ekonomi, sosial budaya dan lingkungan hidup yang saling tergantung dan saling memperkuat satu sama lain.

3. Mewujudkan SDM yang terdidik, berkualitas dan memiliki integritas moral secara merata dan memadai sehingga mengerti, memahami dan melaksanakan Pembangunan Berkelanjutan.

Untuk keterangan lengkap mengenai Naskah Final dan Rumusan Pertemuan Persiapan (PrepCom) ISSD, anda dapat mengunjungi website kami di www.menlh.go.id

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ISSD, silahkan menghubungi:
Hoetomo, MPA
Deputi Menteri Negara Lingkungan Hidup Bidang Kebijakan dan Kelembagaan Lingkungan Hidup
Telp. (021) 8590 4936