KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Sejak dimulainnya Program Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) pada tahun 1995, Proper telah memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesadaran dunia usaha terhadap pelestarian lingkungan dan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan dan menjadi istrumen komplementer bagi upaya penegakan hukum. Hasil yang dicapai selama ini adalah berupa daftar peringkat perusahaan yang dikatagorikan dengan warna hijau, merah, biru, dan hitam.

Sebagai tindak lanjut dari pengumuman hasil Proper tahun 2006-2007, Deputi Penaatan Lingkungan bersama dengan Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan dan Deputi Bidang Pengelolaan bahan Berbahaya dan Beracun dan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun membentuk tim verifikasi penaatan lingkungan guna mengetahui perkembangan penaatan perusahaan setelah mendapat peringkat Proper.

Pada Tahap I Tim Verifikasi telah melakukan verivikasi terhadap 16 perusahaan dengan peringkat merah dan hitam. Terhadap 16 perusahaan tersebut telah dijatuhkan sangsi administrasi, sedangkan 1 (satu) perusahaan ditindaklanjuti dengan penegakan hukum perdata dan 1 (satu) perusahaan ditindaklanjuti dengan penegakan hukum pidana.

Selanjutnya pada Tahap II, tim telah kembali melakukan verifikasi penaatan lingkungan terhadap 13 perusahaan peringkat hitam dan 10 perusahaan akan diberikan sangsi administrasi tanpa dilakukan verifikasi.

Diharapkan dengan kegiatan verifikasi penaatan pengelolaan lingkungan dalam rangka menindaklanjuti hasil Proper 2006-2007 ini akan membuat perusahaan menjadi lebih taat dalam pengelolaan lingkungan.

Sumber:
Asdep Urusan Penyelesaian Pengaduan dan
Sengketa Lingkungan