KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

UNFCCC PARALEL EVENT

Indonesia’s Progress on Climate Change Adaptation: THE WAY FORWARD

Aston Hotel, Benoa-Nusa Dua, Bali
Sabtu, 8 Desember 2007

UNDP, Kementerian Negara Lingkungan Hidup, GTZ dan Departemen Pekerjaan Umum pada tanggal 8 Desember 2007 menyelenggarakan workshop mengenai “Indonesia’s Progress on Climate Change Adaptation: THE WAY FORWARD. Workshop dihadiri oleh ± 120 orang dari berbagai institusi dengan agenda utama membicarakan langkah-langkah aksi ke depan tentang bagaimana beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Tujuan seminar antara lain untuk menyampaikan kemajuan-kemajuan dan berbagai inisiatif yang di buat Indonesia dalam hal adaptasi perubahan iklim termasuk melalui program-program dan pendekatan yang strategis. Selain itu, workshop dijadikan sebagai forum untuk berdiskusi dan membangun kerjasama antar stakeholders membicarakan agenda adaptasi perubahan iklim di Indonesia selanjutnya.

Acara pembukaan workshop dilakukan oleh Hakan Bjorkman (UNDP Country Director), Ibu Masnellyarti Hilman (Deputi III Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam dan Pengendalian Kerusakan Lingkungan – KLH) dan Roestam Sjarief (Sekjen Departemen Pekerjaan Umum).

Pada sesi presentasi, Mezak Rataq (Kepala Litbang BMG) menyampaikan Country Report Indonesia tentang  berbagai data yang menunjukkan implikasi dari perubahan iklim. Country Report ini telah dibukukan oleh KLH dan disajikan juga versi Summary for Policy Makers. Sementara itu, Ibu Masnelyarti Hilman mempresentasikan Rencana Aksi Nasional dalam menghadapi Perubahan Iklim (RANPI). Dalam RANPI tersebut terdapat prinsip-prinsip kunci dan aksi untuk dilakukannya adaptasi terhadap perubahan iklim. (Indarto)

Keterangan lebih lanjut:
Asdep Urusan Perubahan Iklim KLH
J
l. DI Panjaitan Kav.24 Kebon Nanas
Jakarta 13410
T: (021) 8517164, F: (021) 85902521