KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Indonesia Reforestation to Mitigate Global Climate Change

Workshop, Parallel Event COP 13/CMP-3 UNFCCC

11 Desember 2007

Hotel Nusa Dua Beach, Kerta Gosa Room

Penyelengara Institut Teknologi Bandung
bekerjasama dengan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup

Kementerian Lingkungan Hidup mewadahi beberapa stackeholder yang berkeinginan melakukan program untuk pengurangan emisi. Salah satu yang mendukung upaya ini adalah Intitut Teknologi Bandung melalui Ganesha Climate Change Alleviation yang mempunyai program permodelan penghutanan kembali lahan hutan yang sudah rusak (reforestrasi). Model yang ditawarkan adalah menghitung laju pertumbuhan lahan yang telah dihutankan kembali dan  penurunan temperatur  dan emisi CO2 yang dapat dicapai dari program penghijauan. Model tersebut bila dikembangkan dapat menjadi masukan bagi Indonesia dan mempunyai nilai tawar yang tinggi dalam perdagangan carbon.

Hasil perhitungan dari model penghutanan kembali akan meningkatkan lahan hutan yang hilang. Program reforestasi memerlukan waktu yang lama untuk berhasil dan memerlukan dukungan dari pemerintah pusat/daerah, akademisi  maupun masyarakat.  Program penghijauan kembali lahan hutan yang rusak (hutan alam, hutan produksi maupun hutan yang ditumbuhi alang-alang) dapat menyerap karbon dan meningkatkan keanekaragaman hayati dari hutan tersebut.

Permodelan yang disampaikan oleh Ganesha Climate Change Alleviation belum dilakukan pilot project dan perhitungan permodelan juga belum memasukan nilai sosial dari kegiatan reforestasi terhadap lahan milik masyarakat, hal ini  memerlukan dukungan dari berbagai stakeholder.

Kementerian Lingkungan Hidup menyambut baik permodelan yang disampaikan Ganesha Climate Change Alleviation dan mengusulkan agar permodelan ini lebih ditingkatkan dengan data-data yang akurat  dan bekerjasama dengan depertemen kehutanan.(es/is/vn)