KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

UNCCC Bali 2007 – Presiden RI menerima Tim BFEGTB

Hari ini tanggal 4 Desember 2007, Pukul 09.00 WITA Presiden RI, SBY, menerima Tim BFEGTB di Kantor Gubernur Bali. Tim BFEGTB. Yang sebelumnya sudah diterima oleh Menko Kesra pada tanggal 2 Desember 2007. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dari pelaksanaan Konferensi PBB untuk perubahan iklim. 

 

Pada kesempatan ini juga diadakan Talk Show antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup,dengan jaringan 55 radio anak muda yang peduli pada perubahan iklim di seluruh Indonesia, dari Banda aceh hingga Kupang. Isu yang diperbincangkan adalah lingkungan dan kreatifitas anak muda dalam menyumbang solusi terhadap masalah itu. Talk show di pandu oleh Arie Dagienk, penyiar pagi Radio Prambors ini di relay (live) oleh 54 radio swasta di seluruh pelosok Indonesia. 

Beberapa materi yang menonjol dari obrolan itu adalah:  

Dede Ismail di Kediri secara kreatif membuat lantai rumah dari pelepah pisang sebagai pengganti kayu. Dengan cara ini siswa sekolah SMU ini berharap dapat mengurangi penebangan hutan yang seolah menjadi trend di berbagai kawasan di Indonesia. Darma, aktifis pencegah pemutihan terumbu karang di Bali, murid-murid SMK PGRI 2 Badung yang mendukung tes lisan di sekolahnya demi penghematan kertas. 

Selain itu, Presiden SBY juga berbincang-bincang dengan para pendekar lingkungan lainnya seperti komunitas Bike To Work yang telah menempuh perjalanan Jakarta – Bali dengan mengendarai sepeda. 

Laporan ketua Biker :

Di seluruh kota yang disinggahi para biker disambut dengan  sangat baik oleh para pimpinan Pemerintah Propinsi/Kaupaten/Kota dan dijamu dengan sangat baik juga. 

Di kota-kota yang dilalui, para Biker membawa bibit tanaman khas dan tanaman langka. Tanaman itu sekarang sudah ditanam di tempat konferensi berlangsung.

Di sela-sela obrolan, Presiden SBY menyatakan siap menjadi Patron bila ada semacam ini lagi. Presiden mengharapkan, bahwa selain untuk olahraga dan bekerja, bersepeda menjadi sesuatu yang fun, sehat, hemat dan bersih lingkungan. 

Presiden SBY juga meminta adanya aksi nyata, bukan lagi hanya komitmen, kesadaran, politik, melainkan Global Action.

Presiden SBY juga menyerukan untuk gerakan menanam pohon di seluruh Indonesia, dan bulan Desember ini di jadikan bulan menanam pohon supaya menjadi negeri yang bersih, sehat, dan hijau.

————————–

Sumber:
Media Center-KLH
Nusa Dua-Bali