KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA



Delegasi Republik Indonesia

Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim

————————————————————-


PRESS RELEASE
 

SEMANGAT OPTIMISTIK PADA PEMBUKAAN KONPERENSI

Nusa Dua, 3 Desember 2007. Semangat optimistik mewarnai suasana pembukaan Konperensi PBB untuk Perubahan Iklim yang diselenggarakan di Bali International Convention Center, Westin Hotel, Nusa Dua, Bali. Demikian disampaikan Emil Salim, Ketua Delegasi Republik Indonesia untuk Perubahan Iklim. Beberapa hal positif yang muncul diantaranya adalah: Pertama, adalah pernyataan delegasi Australia yang bertekad untuk menandatangani secara resmi Protokol Kyoto; Kedua, semua wakil negara mengharapkan pembicaraan mengenai mekanisme pengaturan dana adaptasi (adaptation fund) dapat diselesaikan di Bali; Ketiga, adanya pernyataan dari kelompok negara-negara Uni Eropa untuk menurunkan tingkat emisi CO2nya sebanyak 25-40% di bawah tingkat emisi tahun 1990 pada tahun 2020.

Adanya hal-hal positif yang muncul pada pembukaan Konperensi ini membuat Emil Salim optimistik bahwa kesepakatan baru yang nanti akan dibuat di Bali akan berhasil dijalankan pada tahun 2012.

Di dalam pertemuan selama dua minggu di Bali ini akan disampaikan laporan “Dialog Aksi Kerjasama Jangka Panjang Untuk Mengatasi Perubahan Iklim dengan Meningkatkan Implementasi Konvensi