KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

UNCCC Bali 2007: 300 PC & HotSpot Manjakan Wartawan

Detik.Com, Nusa Dua – Panitia perhelatan Konferensi Perubahan Iklim (UNCCC) 2007 di Nusa Dua, Bali, tahu benar arti publikasi. Tidak heran, wartawan diberikan berbagai kemudahan untuk mengakses dunia maya, terutama untuk mengirim berita, baik cetak
maupun streaming video.

"Ada sekitar 300 PC dan akses wifi di 3 hotel. Hotel Hyatt, Laguna, dan Westin," kata salah seorang Technical Staff I Gede Yudhatama kepada detikcom, di Hotel Westin, Nusa Dua, Bali, Kamis (6/12/2007) kemarin.

Browsing informasi di internet dapat dilakukan dengan cepat, tidak perlu mengeluhkan lambatnya akses. Maklum, kecepatan akses internetnya mencapai 40 Mbps.

"Ini yang tercepat di Indonesia disediakan oleh Telkom. Kalau di luar sih kecepatannya bisa sampai 300 Mbps," terang Yudha.

Luasnya akses wifi juga sangat dirasakan manfaatnya oleh jurnalis dalam dan luar negeri. Mereka tidak perlu repot-repot mengirim berita dari media center. Cukup dari lokasi jumpa pers atau dari lobi, pokoknya yang penting masih dalam wilayah hotel Hyatt, Laguna, dan Westin.

"Kalau di luar, seperti di jalan raya sih nggak bisa Mas. Khusus di hotel-hotel itu tadi," jelas pria asli Bali itu.

Kenikmatan akses internet yang luas dan tanpa batas itu tidak hanya dirasakan para jurnalis. Para tamu dan delegasi konferensi pun tampak nyaman menggunakan laptop mereka di mana-mana.

Pantauan detikcom, fasilitas yang mendukung kenyamanan konferensi memang lengkap. Hampir di tiap sudut ada televisi datar berukuran lebar yang berisi list side event setiap harinya. List ini diperbaharui setiap pagi sehingga peserta konferensi sudah dapat merencanakan acara apa saja yang dikunjunginya.

Fasilitas lainnya adalah siaran live agenda pokok yang bisa disaksikan langsung dari televisi yang ada di media center. Jurnalis tidak perlu datang ke ruang tempat acara berlangsung, cukup datang ke media center untuk menyaksikannya lewat televisi.

Jangan khawatir bila pembicaranya menggunakan bahasa Prancis, Arab, Afrika, atau Italia sekali pun. Di media center juga disediakan translator yang dapat mengubah semua bahasa asing menjadi bahasa Inggris. (gah/asy)

Sumber:
http://globalwarming.detik.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/12/tgl/07/time/080036/idnews/863388/idkanal/495