KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

COP-13 yang akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 3-4 Desember 2007 terdiri dari berbagai kegiatan. Selain kediatan utama berupa Conference, juga diadakan Side Events dan Parallel Events.

Side event yang diselenggarakan di lokasi conference ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi partisipan  COP. Side Event dapat berbentuk pertemuan tambahan yang berkaitan langsung dengan isu perubahan iklim dan dapat membantu delegasi/partisipan menyampaikan pandangannya dalam konferensi. Oleh karena itu, side event hanya diikuti oleh perwakilan negara peserta saja.

Parallel Events adalah kegiatan di mana pihak-pihak lokal dan internasional dapat berpartisipasi di dalam penyelenggaraan COP-13. Diselenggarakan di luar arena konferensi, yaitu pada area publik yang telah dipersiapkan. Merupakan acara yang diadakan secara simultan dengan acara Side Event.

Parallel Event merupakan curah pendapat perurangan atau kelompok dengan membuat program aksi nyata terhadap isu perubahan iklim global. Perorangan atau kelompok yang dimaksud antar lain asosiasi, industri terkait, NGO, lembaga legislatif, pemerintah daerah, kalangan universitas, profesional, pelaku usaha, dan lain-lain.

Bentuk kegiatan dari Parallel Events antara lain workshop, seminar, sareashan, kunjungan lokasi, aneka lomba, pameran, dan kegiatan lainnya.

Untuk berpartisipasi dalam Parallel Event, beberapa persyaratan harus dipenuhi, di antaranya adalah topik atau proposal yang disampaikan harus berkaitan dengan pemanasan global, jumlah peserta yang diharapkan berpartisipasi, output yang diharapkan dari penyelenggaraan event tersebut, jadwal dan waktu penyelenggaraan, lokasi yang diinginkan (Bali dan di luar Bali). Adapun sumber pembiayaan dari Parallel Event adalah biaya sendiri atau sponsor atau bantuan luar negeri..

Aplikasi untuk menyelenggarakan Parallel Event dapat disampaikan kepada:
Panitia Penyelenggara Konferensi PBB untuk Perubahan Iklim
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Jl. DI. Panjaitan Kav 24, Kebon Nanas, Jakarta Timur
Fax: 021-85906168
E-mail:
amdal@menlh.go.id

Contact person:
Sub Bidang Parallel Events
Hermien Roosita, Esther, Venny
Tel. 021-935545428, 021-99750319.