KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

KARAWANG, SUAR- Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP Ke-59, Wakil Bupati Karawang Hj. Eli Amalia Priatna melakukan penanaman pohon secara simbolis di kaki Bukit Sanggabuana Kecamatan Tegalwaru, Sabtu (28/2).

Untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan, khususnya di Kabupaten Karawang ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah semata, namun lebih jauh kesadaran dan kepedulian masyarakat mempunyai peranan penting dalam upaya memeli¬hara kelestarian lingkungan. Saat ini pemerintah daerah melalui berbagai upaya-upaya yang dilakukan, salah satunya melakukan penanaman pohon dan penyuluhan-penyuluhan tentang pentingnya menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup. Sebab, pada dasarnya masalah lingkungan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan seperti banjir, erosi, longsor dan kekeringan disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati mengatakan kegiatan penghijauan ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP Ke-59 dan atas kepedulian Pemerintah Kabupaten Karawang terhadap kelestarian lingkungan yang merupakan tanggung jawab kita bersa¬ma dan mewujudkan Kabupaten Karawang yang bersih, tertib, indah dan hijau, " imbuhnya.

Wakil Bupati juga berharap, semoga dengan diadakan kegiatan ini, Kabupaten Karawang kedepan akan tumbuh maju dan bila menjaga kerukunana diantara kita untuk’silih asah, silih asih dan silih asuh’, serta mengajak kepada seluruh masyarakat agar gerakan penghijauan berupa penanaman pohon ini dilakukan secara terus menerus karena saat ini sering terjadi fenomena alam yang sulit untuk di prediksi, pada sebagian belakan bumi yang terjadi curah hujan berlebihan yang mengakibatkan banjir"ujarnya.

Di seta kegiatan tersebut, Ketua Panitia Yusuf Ismail juga mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan penanaman pohon ini adalah meningkatkan kepedulian aparat Pemerintah Kabupaten Karawang dan masyarakat terhadap kelestarian lingkungan yang merupakan hujan kawasan resapan air. Kegiatan tersebut juga dihadiri Kasat Pol PP, Kepala Bapeda, Camat-camat, Polri, Citra Bhayangkara, OPD Kabupaten Karawang, PecintaAlam, dan Pramuka. aselp

Sumber:
Koran Akar Rumput
Hal: 8, 4-10 Maret 2009