KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada hari Rabu tanggal 10 Desember 2008 telah melaksanakan acara "Forum Owner Industri EPCM" di Hotel Savoy Homann, Bandung. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Bapak Yusuf M. Effendi (Dede Yusuf) didampingi oleh Kepala BPLHD Jawa Barat, Sdr. Setiawan Wangsaatmadja. Menteri Negara Lingkungan Hidup berhalangan nadir dalam acara tersebut, dan diwakili oleh Ibu Sri Hudyastuti, Plt. Deputi Bidang Pembinaan Sarana Teknis dan Peningkatan Kapasitas (Deputi VII KLH). Pada acara tersebut Wagub Jawa Barat mencanangkan visi Jawa Barat sebagai "Eco-Province" dengan berbagai terobosan inovatif, termasuk program EPCM (Environmental Pollution Control Manager).

Fokus acara adalah pengukuhan pengurus Asosiasi Pengendali Pencemaran Lingkungan Indonesia (APPLI). APPLI beranggotakan para personil di industri yang telah bersertifikat kompetensi EPCM. Saat ini tercatat 169 anggota APPLI di wilayah Jawa Barat yang diharapkan akan disusul oleh rekan¬rekan di provinsi lain yang menerapkan sertifikasi kompetensi tersebut. Misi APPLI pada intinya adalah mengembangkan profesi Pengendali Pencemaran Lingkungan Indonesia (PPLI) dan meningkatkan kapasitas PPLI untuk perbaikan kinerja pengelolaan lingkungan bekerjasama dengan pihak pemerintah dan industri. Sekretariat APPLI di BPLHD Jawa Barat, JI. Naripan, Bandung.

EPCM adalah program sertifikasi kompetensi bagi manajer lingkungan di industri yang mulai dilaksanakan oleh Provinsi Jawa Barat secara proaktif sejak tahun 2005, dengan dukungan Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Departemen Perindustrian dan Pemerintah Jepang (JETRO dan JEMAI). Program EPCM tahap pertrama adalah untuk manajer pengendalian pencemaran air. Uji kompetensi dan sertifikasi dilaksanakan oleh Ikatan Ahli Teknik Penyehatan Indonesia (IATPI). Informasi Program EPCM Jawa Barat dan APPLI tersedia di website www.epcm-id.com.

Selain Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah juga telah mulai penerapan program EPCM air tahun 2008. Sementara itu, Provinsi Banten merencanakan akan memulai penerapan program EPCM air pada awal tahun 2009. Provinsi lain diharapkan dapat menyusul penerapan sertifikasi kompetensi tersebut secara proaktif. BPLHD Provinsi Jawa Barat dengan supervisi Deputi VII KLH saat ini telah memulai pengembangan draf Standar kompetensi untuk pengendalian pencemaran udara di industri.

Untuk menjamin konsistensi sertifikasi kompetensi antar daerah, Deputi VII KLH bersama dengan Panitia Teknis Perumusan Standar Kompetensi Bidang Lingkungan telah merumuskan Standar Kompetensi Nasional bagi Manajer Pengendalian Pencemaran Air (MPPA) yang diadopsi dari bakuan kompetensi EPCM Jawa Barat. Rancangan PERMENLH tentang Standar Kompetensi dan Sertifikasi Kompetensi MPPA saat ini pada tahap akhir proses legalisasi. Dengan standardisasi pada tingkat nasional, infrastruktur pelatihan kompetensi dan sertifikasi kompetensi yang telah ada dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang akan memulai penerapan sertifikasi kompetensi tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut:
Asdep Urusan Standardisasi, Teknologi dan Produksi Bersih
Up. Tim Kompetensi Lingkungan Kantor KLH, Gedung A, Lantai 6
JI. D.I. Panjaitan Kav 24 Kebon Nanas, Jakarta Timur
Telp/Fax: (021) 8584638/85906167
E-mail:
kompetensi_lingkungan@yahoo.co.id
Website:
http://kompetensilingkungan.menlh.go.id/