KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Kendari, Kepres – Wartawan Kendari Ekspres, Muh Nasir Idris, yang menulis judul”Tahura Murhum Bagai Api Dalam Sekam” terpilih sebagai wartawan dengan tulisan terbaik dalam lokakarya penguatan kapasitas wartawan lingkungan, kemarin. Lokakarya ini dilaksanakan oleh Grreen Press (Perkumpulan Wartawan Lingkungan Hidup) bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) yang berlangsung pada tanggal 6 hingga 7 Juli 2005 di Hotel Aden Kendari.

Sementara lomba penulisan dilaksanakan oleh KLH, setelah peserta yang berjumlah 30 orang melakukan kunjungan lapangan di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Murhum di Kelurahan Tipulu dan Punggaloba. Selain Nasir Idris, terpilih pula Masrafi dari LKBN Antara sebagai pemenang kedua dengan judul tulisan”Tinggal di Tahura Mengail Hidup di Perkotaan,” dan Amar Ma’ruf dari Green Press sebagai pemenang ketiga dengan judul”Antara KTP, Pemilu dan Pelestarian Lingkungan Hidup di Kampung Baru”. Ketiganya mendapat hadiah uang dan kenang-kenangan dari KLH yang diserahkan Deputi Urusan Komunikasi Lingkungan dan Masyarakat Perkotaan KLH, Ir Bambang Widiantoro.

Tulisan seluruh peserta yang terdiri dari wartawan lokal di Sultra, baik cetak maupun elektronik, dinilai oleh Bambang Widiantoro dari KLH, La Ode Zakaria dari Bapedalda Sultra dan Agus S Riyanto, redaktur di sebuah koran nasional, Harian Merdeka.

Menurut Hasrul, koordinator Green Press, lokakarya ini digelar untuk meningkatkan pemahaman wartawan terhadap isu-isu lingkungan yang selama ini sangat minim porsinya di media. Karena itu, disajikan materi mengenai peran jurnalis dalam pengelolaan lingkungan. RAN (Green Press)

Pengirim

Marwan Azis (Ketua Panitia Lokakarya)

Hp : 08565081317