KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Dalam rangka melakukan evaluasi terhadap penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Pusdiklat Kementerian Negara lingkungan Hidup (KNLH) Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Pusdiklat Kementerian Negara Lingkungan Hidup (KNLH) menyelenggarakan Workshop Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Berdasarkan Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 178 tahun 2004 tentang Kurikulum Penyusunan dan Penilai Amdal, penyelenggaraan Diklat AMDAL yang semula 3 (tiga) jenis yaitu: Diklat Dasar-dasar AMDAL (A), Penyusun AMDAL (B) dan Penilai AMDAL (C) diperpendek menjadi 2 (dua) jenis yaitu: Diklat Penilai dan Penyusun AMDAL. Tujuan memperpendek tahapan diklat AMDAL belakangan ini ada indikasi bahwa pelaksanaan Diklat AMDAL tidak sepenuhnya dipatuhi oleh penyelenggara Diklat AMDAL baik dari isi muatan materi kurikulum maupun jumlah jam pelajaran, jumlah peserta yang melebihi kapasitas dan tenaga pengajar yang tidak mempunyai kopetensi. Dengan demikian diharapkan para lulusan penyusun maupun penilai dokumen AMDAL dapat melaksanakan dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah berkembangnya permasalahan lingkungan hidup dan berkembangnya jumlah provinsi dan kabupaten akibat dari pemekaran daerah, maka kebutuhan tenaga Penilai dan Penyusun AMDAL akan bertambah. Saat ini Indonesia terdiri dari 33 Provinsi dan lebih dari 450 Kabupaten. Apabila masing-masing Provinsi diproyeksikan mempunyai tenaga Penilai 10 orang dan kabupaten masing-masing 5 orang, maka dibutuhkan tenaga Penilai 10 orang dan kabupaten masing-masing 5 orang, maka total tenaga penilai yang dibutuhkan menjadi 2630 orang tenaga Penilai. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tenaga penilai tersebut diperlukan pelatihan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan biaya maupun kemampuan tenaga pendidikan yang mampu melaksanakan pendidikan Penilai AMDAL.

Dalam workshop ini di samping disampaikan kebijakan peningkatan kapasitas sumber daya manusia juga pengalaman pelaksanaan penyelenggaraan diklat AMDAL. Dalam Workshop ini disampaikan pula berbagai pengalaman komisi Penilai AMDAL di Daerah. Diklat yang diselengarakan tanggal 1-2 Desember 2008 diikuti oleh wakil dari  Institusi Lingkungan Hidup Pusat dan Daerah, PSL/PPLH Universitas, dan pakar. (SR)

Sumber :
PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (PUSDIKLAT)
Pusarpedal Komplek Puspitek Jl. Raya Serpong, Tangerang 15314
Telp/Fax: 7560065