KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

muslimat_NU.jpgJakarta, 23-24 November 2006. Sebagai tindaklanjut penandatanganan Piagam Kesepakatan antara KNLH dan Pucuk Pimpinan Muslimat NU di Batam bulan Maret 2006, ke dua lembaga ini menggelar Workshop Nasional mengenai peran perempuan dan pengelolaan dan pelestarian lingkungan. Sebanyak empat puluh orang pengurus pusat dan wilayah Muslimat NU berpartisipasi dalam pertemuan yang bertujuan untuk memahami isu lingkungan serta pemetaan program lingkungan Muslimat NU di seluruh wilayah kepengurusannya.

Ketua PP Muslimat NU, Dra. Khofifah Indarparawangsa, dalam Sambutan Pembukaannya menyatakan kesiapan PP Muslimat NU untuk berkiprah di bidang lingkungan. Isu lingkungan sangat strategis disampaikan melalui media da’wah yang menjadi fokus utama kegiatan Muslimat NU. Untuk itu, bersama-sama dengan KNLH akan disusun Panduan Pengelolaan dan Pelestarian Lingkungan bagi Muslimat NU yang menunjang penyebaran Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) bagi para anggotanya.  Drs. Widodo Sambodo, yang mewakili Kementerian Negara Lingkungan Hidup, menyampaikan kompleksitasnya permasalahan lingkungan serta keterkaitan perempuan yang mempunyai potensi besar untuk ikut andil menjaga kelestariannya.

Dalam pertemuan ini, KNLH yang bekerjasama dengan Yayasan Uli Peduli juga mengajak peserta Workshop meninjau pemukiman RW 03 Kel. Mampang Prapatan yang menjadi binaan PT. Unilever. Pemukiman padat dengan lahan yang sempit di daerah tersebut menjadi inspirasi bagi para pengunjung mengikuti inisiatif lokal masyarakat setempat melakukan penghijauan di dalam pot, menjaga kebersihan, memilah sampah hingga mengolah sampah organik menjadi kompos.

Sumber:
Asdep urs. Partisipasi Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan
Kementerian Negara Lingkungan Hidup
Tel. 021-95904919, fax. 021-8580087
Email: sinta@menlh.go.id