KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

REPUBLIK INDONESIA

Workshop Nasional Sistem Manajemen Terintegrasi
(Lingkungan ISO 14001, Mutu ISO 9001 dan K3/OHSAS 18001)
Hotel Kartika Chandra, 30-31 Mei 2007

Salah satu konsekuensi dari globalisasi ekonomi dunia yang sekarang ini sedang berlangsung adalah semakin meningkatnya persaingan di pasar bebas. Pengelompokan kekuatan ekonomi regional seperti EC (European Community), NAFTA (North Atlantic Free Trade Area), AFTA (ASEAN Free Trade Area), dan APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) pada dasarnya adalah bentuk-bentuk antisipasi regional untuk menghadapi persaingan dalam sistem perdagangan bebas. Globaliasai ekonomi ini tidak mengenal batas-batas wilayah kenegaraan. Oleh karena itu, kalangan dunia usaha harus berusaha siap dan mandiri dalam menghadapi persaingan tersebut. 

Saat ini di pasar bebas berlaku aturan main dimana keberhasilan suatu produk tidak lagi hanya ditentukan oleh tingginya tingkat produktivitas atau rendahnya harga penawaran, tetapi lebih ditentukan oleh karakteristik produk tersebut, termasuk kualitas mutu produk yang prima, jasa yang ditawarkan (seperti ketepatan waktu pengiriman, kesinambungan pelayanan, kesesuaian dengan selera pembeli dll). Bahkan akhir-akhir ini faktor hak asasi manusia dan perburuhan telah menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam mengkonsumsi suatu produk. Selain itu berkembangnya kelompok konsumen pemerhati lingkungan di berbagai belahan dunia telah menciptakan mekanisme pasar tersendiri. Konsumen menuntut dipenuhinya persyaratan lingkungan. 

Globalisasi perdagangan telah membuka baik peluang maupun kendala bagi semua negara. Adalah ideal bagi semua pihak  di Indonesia untuk mulai mengantisipasi dan mempersiapkan diri menghadapi berbagai kemungkinan yang bisa terjadi, baik “positif maupun negatif